Honda CBR250RR Masih Bisa ‘Minum’ Pertalite?

Jakarta

PT Astra Honda Motor (AHM) telah resmi meluncurkan Honda CBR250RR baru dengan pembaruan di sektor mesin. Meski tak banyak berubah, namun motor sport tersebut diklaim lebih bertenaga dibandingkan versi sebelumnya.

Kini, rasio kompresi Honda CBR250RR baru mengalami peningkatan menjadi 11,5 : 1 untuk versi standard dan 12,5 : 1 untuk versi SP dan SP-Quick Shifter. Dengan kompresi setinggi itu, masih bisakah motor sport ini menenggak BBM jenis Pertalite?

Saat dimintai konfirmasi, Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya tak secara gamblang mengatakan, Honda CBR250RR haram diberi mimum Pertalite. Namun, dia mengingatkan, dengan mesin yang sekarang, tunggangan tersebut harusnya mendapat BBM yang nilai oktannya lebih tinggi dari Pertalite.

“Kalau isi BBM (Honda CBR250RR baru) yang pasti sih di atas RON 90 ya,” ujar Thomas Wijaya kepada detikOto di Karawang, Jawa Barat, belum lama ini.

Sebenarnya, jika dilihat dari rasio kompresi mesinnya, Honda CBR250RR memang jelas tak seharusnya diberikan BBM jenis Pertalite. Pada varian standard, motor tersebut selayaknya diberikan Pertamax atau BBM lain dengan nilai oktan 92. Sementara varian SP dan SP-Quickshifter lebih baik jika diisi dengan Pertamax Turbo.

PT Astra Honda Motor resmi meluncurkan Honda CBR250RR baru di Indonesia. Motor sport tersebut diluncurkan di fasilitas produksi AHM, Karawang, Jawa Barat.PT Astra Honda Motor resmi meluncurkan Honda CBR250RR baru di Indonesia. Motor sport tersebut diluncurkan di fasilitas produksi AHM, Karawang, Jawa Barat. Foto: Grandyos Zafna

Diketahui, Setiap motor memang sudah didesain sedemikian rupa untuk menenggak bahan bakar jenis tertentu. Menggunakan BBM yang tidak sesuai spesifikasi mesin dan dilakukan terus menerus, bisa memicu sejumlah masalah.

Misalnya membuat sisa proses pembakaran jadi menumpuk, mesin muncul suara tak biasa, timbul getaran (knocking), dan bahkan bisa membuat komponen mesin menjadi rusak.

Spesifikasi Honda CBR250RR Baru

Honda CBR250R baru merupakan produk global yang diproduksi di fasilitas AHM di Karawang, Jawa Barat. Kuda besi tersebut diklaim lebih agresif dan sporty dibandingkan versi sebelumnya.

Honda CBR250RR menggunakan mesin 250cc DOHC dua silinder 8 katup dengan muntahan tenaga 38.7 PS dan torsi 23.3 Nm untuk varian standard, serta tenaga 42 PS dengan torsi 25 Nm untuk varian SP dan SP-Quickshifter.

PT Astra Honda Motor resmi meluncurkan Honda CBR250RR baru di Indonesia. Motor sport tersebut diluncurkan di fasilitas produksi AHM, Karawang, Jawa Barat.PT Astra Honda Motor resmi meluncurkan Honda CBR250RR baru di Indonesia. Motor sport tersebut diluncurkan di fasilitas produksi AHM, Karawang, Jawa Barat. Foto: Grandyos Zafna

Motor sport baru tersebut ditanamkan berbagai fitur kekinian, seperti suspensi depan upside down dengan SFF-Big Piston, Assist/Slipper Clutch, throttle by wire dengan riding mode selector, dan Quick Shifter untuk varian tertinggi.

Honda CBR250RR baru hadir melalui tiga varian berbeda, yakni Standar yang dijual Rp 62,8 juta, SP yang dibanderol Rp 75,1 juta, dan SP-Quick Shifter yang menyentuh Rp 79,2 juta. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

Simak Video “BBM Naik Bikin Harga Motor Honda Naik? Ini Kata AHM
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.