Suara.com – PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) optimistis mobil SUV kompak terbarunya, Hyundai Creta, yang diproduksi secara lokal di Cikarang, Jawa Barat, bisa mendapatkan insentif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah atau relaksasi PPnBM DPT jika insentif tersebut diperpanjang.

“Saya belum bisa ungkap di sini (kepastiannya), karena aturan dari pemerintah juga belum jelas. Tapi kami optimistis Creta bisa dapat insentif PPnBM,” kata Chief Operating Officer PT HMID, Makmur, Jumat (15/1/2022).

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI saat ini tengah mengusahakan perpanjangan insentif PPnBM DTP untuk pembelian mobil baru, pun dengan berbagai syaratnya.

Beberapa syarat yang diberikan Kemenperin di antaranya mobil dengan harga di bawah Rp 250 juta dan mobil juga harus memenuhi kandungan lokal sebanyak 80 persen dan menggunakan mesin 1.500cc.

Baca Juga:
Dari Deltamas Cikarang, Hyundai Creta Hasil Perakitan Lokal Didistribusikan Mulai Februari 2022

Sebelumnya, Kemenperin juga mengusulkan mobil dengan harga di bawah Rp 240 juta masuk ke dalam kategori mobil rakyat. Kategori ini juga mensyaratkan kandungan lokal sebesar 80 persen.

Di sisi lain, Hyundai Creta rakitan lokal di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat, siap didistribusikan kepada pelanggan mulai Februari 2022. Adapun Hyundai juga segera melakukan produksi massal kendaraan ini pada 17 Januari ini.

Dengan dirakitnya Hyundai Creta di Indonesia, diharapkan kandungan lokal dari SUV kompak ini bisa menyentuh angka minimal 80 persen.

Hyundai Creta dibanderol mulai di bawah harga Rp 300 juta. Namun, belum ada yang berada di bawah angka Rp 250 juta atau yang dimasukkan oleh pemerintah sebagai kategori mobil rakyat.

Berikut daftar harga Hyundai Creta per Januari 2022:

Baca Juga:
Kemenkeu Masih Kaji Perpanjangan Relaksasi PPnBM Mobil Baru

Hyundai CRETA Active MT 6-speed: Rp279 juta
Hyundai CRETA Trend MT 6-speed: Rp299 juta
Hyundai CRETA Trend IVT: Rp319 juta
Hyundai CRETA Style IVT: Rp359 juta
Hyundai CRETA Prime IVT: Rp397,5 juta
Hyundai CRETA Prime IVT Two Tone Roof: Rp399 juta. [Antara]