Ikuti 5 Cara Ini, Dijamin Cat Mobil Bakal Awet Kinclongnya

Jakarta

Kilau cat pada bagian eksterior mobil dapat bertahan lebih lama jika Anda dapat meluangkan waktu untuk memperhatikan kondisinya. Tapi terkadang hal-hal sepele sering dilupakan, sehingga dapat mempengaruhi usia cat.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk menjaga kilau cat kendaraan kesayangan.

1. Hindari Parkir di Bawah Terik Matahari Langsung

Sinar matahari mengandung sinar Ultraviolet (UV) yang mampu merusak lapisan coating dalam jangka waktu lama. Jika memang harus parkir di terik sinar matahari, sebaiknya gunakan wax untuk melindungi cat mobil dari sengatan UV. Fungsi wax ini bisa dikatakan seperti sunblock untuk melindungi kulit. Wax melapisi cat agar sinar UV tak langsung bersentuhan dengan coating cat, sehingga cat kendaraan Anda tak lekas kusam.

2. Lekas Bilas Setelah Terkena Air Hujan

Air hujan dapat membuat cat lebih cepat kusam, sebab terdapat kotoran dan jamur yang menempel. Selain itu, air hujan juga dikhawatirkan mengandung senyawa asam yang mampu bereaksi pada permukaan cat dalam jangka waktu lama. Jadi disarankan secepat mungkin permukaan mobil dicuci hingga bersih setelah tersiram air hujan.

3. Perhatikan Poin Penting Ketika Mencuci Mobil

Mencuci mobil sebaiknya dengan cara yang benar. Pada saat mencuci mobil, sebaiknya lakukan dengan gerakan searah. Umumnya pemilik mobil memiliki kebiasaan mencuci mobil dengan gerakan memutar, hal ini dapat menimbulkan squirl atau goresan yang mirip sarang laba-laba. Terakhir hindari mencuci mobil di bawah terik matahari langsung, serta sebelum mencuci mobil pastikan suhu mobil dalam keadaan normal.

4. Gunakan Lap Jenis Microfiber

Ada baiknya hindari lap chamois atau lap jenis karet saat membersihkan kotoran pada bodi kendaraan. Lap model tersebut tidak didesain untuk menyapu kotoran dan dikhawatirkan dapat menimbulkan baret halus. Gunakan lap microfiber karena memiliki daya serap tinggi ketimbang lap chamois untuk mengeringkan permukaan bodi mobil setelah selesai dicuci.

5. Lakukan Maintenance Berkala (Poles dan Autodetailing)

Langkah terakhir untuk menjaga kilau cat, sebaiknya dilakukan mainatenance perawatan secara berkala. Hal ini untuk memberikan proteksi terhadap cat kendaraan Anda. Selain itu, perawatan secara berkala untuk menjamin tampilan mobil Anda lebih terjaga.

Simak Video “4 Hal yang Sering Jadi Biang Keladi Arus Listrik Mobil Tak Stabil!
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.