India Juga Kepingin Jadi Tuan Rumah MotoGP

Jakarta

Gelaran balap MotoGP di bagian Selatan Asia berpotensi akan bertambah. India dikabarkan tengah berbicara dengan Dorna untuk menggelar balapan MotoGP di masa depan.

Seperti dilansir dari media lokal India, Selasa (20/9/2022) Federation of Motor Sports Club of India (FMSCI) memiliki rencana untuk menjadikan Sirkuit Internasional Buddh di Delhi sebagai tuan rumah pada musim dingin 2023.

“Kami telah mengambil semua langkah pencegahan untuk putaran India. Kami telah mengambil semua langkah untuk memastikan kami bisa balapan di India untuk waktu yang lama. Kami melihat putaran musim dingin untuk India tahun depan.” Akbar Ebrahim, presiden federasi olahraga motor India FMSCI dikutip Sportcafe, Selasa (20/9/2022).

Chief Sporting Officer Dorna Sports, Carlos Ezpeleta, dan CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta disebut akan berada di ibu kota India pada hari Rabu, mereka akan merilis pernyataan resmi balapan di India dengan nama Grand Prix of Bharat.

Sirkuit Internasional Buddh pernah menjadi rumah bagi Grand Prix Formula 1 India, lalu gelaran dihentikan karena kendala keuangan, pajak, dan birokrasi.

Homologasi FIM trek MotoGP akan dilakukan hanya setelah kesepakatan ditandatangani antara pemilik hak siar, Dorna Sports dan promotor lokal balap, Fairstreet Sports.

Berbicara kepada PTI, COO Fairstreet Sports Pushkar Nath mengatakan mereka telah melakukan pekerjaan rumah bisa mengikuti ajang balap kelas atas. Dia mengklaim India dipandang sebagai langkah tepat untuk mengekspansi MotoGP karena negeri bollywood itu merupakan rumah terbesar bagi pasar sepeda motor.

“India adalah pasar roda dua terbesar di dunia. Setiap orang memiliki koneksi dengan sepeda. Ini memiliki nilai aspirasional. MotoGP adalah salah satu acara olahraga yang paling banyak ditonton,” kata Nath kepada PTI.

Jika rencana India berhasil maka bakal menjadi pertama kalinya bagi India untuk menggelar balap MotoGP, plus balapan di wilayah Asia bakal bertambah, mulai dari Malaysia, Thailand, Indonesia, dan Jepang.

Namun ini bukan percobaan pertama dilakukan India, bos Dorna, Carmelo Ezpeleta telah mengunjungi Sirkuit Internasional Buddh pada awal Desember 2011 silam mengenai wacana menggelar MotoGP pada tahun 2013 mendatang. Tapi rencana itu tak kunjung diwujudkan.

Tidak hanya itu Sirkuit Internasional Buddh juga pernah masuk kalender World Super Bike (WSBK) 2013 tapi pada akhirnya batal karena alasan “tantangan operasional”.

Simak Video “Siapin Tabungan! Ini Bocoran Jadwal MotoGP Mandalika 2023
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.