Ini 3 Pebalap yang Bakal Hengkang dari MotoGP Tahun Depan

Jakarta

Perjalanan MotoGP 2022 belum usai, tapi sudah ada tiga nama pebalap dikabarkan hengkang dari balap motor kelas premier ini. Alasan mereka tak lagi ikut MotoGP bervariasi, ada yang karena ingin pensiun, ada juga yang karena tidak mendapat tempat di tim balap MotoGP tahun depan. Siapa saja mereka?

Pertama ada nama Andrea Dovizioso. Pebalap WithU Yamaha RNF itu memutuskan pensiun dari dunia balap yang membesarkan namanya. Dovi bahkan tak mau menunggu sampai musim depan, ia akan memutuskan pensiun setelah melakoni seri keempat belas MotoGP 2022 di Sirkuit Misano, Italia, pada 4 September mendatang. Dovi merasa sudah tidak bisa bersaing di kelas tertinggi, maka itu dia lebih memilih mengakhiri karier di pertengahan musim.

Pebalap berjuluk The Little Dragon itu termasuk salah satu rider veteran di pentas MotoGP. Dovizioso telah membalap di kelas premier sejak musim 2008. Berbagai tim telah dia coba, mulai dari Honda, Yamaha, hingga Ducati. Prestasi tertinggi pebalap Italia itu diraih ketika membela tim asal Borgo Panigale, Ducati. Bersama tim merah, Dovizioso berhasil meraih runner-up MotoGP di musim 2017, 2018, dan 2019.

WithU Yamaha RNF MotoGP Team's Italian rider Andrea Dovizioso sits in the pit on the first day of the pre-season MotoGP winter test at the Sepang International Circuit in Sepang on February 5, 2022. (Photo by Ahmad Fadali / AFP)Andrea Dovizioso Foto: AFP/AHMAD FADALI

Pebalap kedua yang memutuskan hengkang dari MotoGP adalah tandem Dovizioso di WithU Yamaha RNF, Darryn Binder. Pebalap rookie dari kelas Moto3 itu akan hengkang dari MotoGP musim depan seiring dengan kebijakan timnya yang pindah dari Yamaha ke Aprilia. Binder yang musim ini tampil kurang bagus dengan hanya mengoleksi 10 poin dari 13 seri MotoGP 2022, sudah dipastikan tidak ikut diangkut oleh bos RNF, Razlan Razali.

Dikutip dari Motosan, Binder tak ingin lagi membalap di kasta tertinggi. Pebalap asal Afrika Selatan itu sedang mengincar satu tempat di balap Moto2 untuk musim depan. Namun sejauh ini dia belum tahu mau membalap di tim mana.

“Saat ini saya berharap untuk pergi ke Moto2 tahun depan, karena MotoGP bukan lagi pilihan bagi saya. Saya tak tahu persis ke mana akan pergi di tahun depan. Saya menunggu perwakilan saya datang dengan penawaran untuk saya dan saya akan memilih yang terbaik,” sambung adik pebalap KTM, Brad Binder itu.

ASSEN, NETHERLANDS - JUNE 25: Darryn Binder of South Africa and Petronas Sprinta Racing looks on in box during the MotoGP of Netherlands - Free Practice at TT Circuit Assen on June 25, 2021 in Assen, Netherlands. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Darryn Binder Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

Selain Darryn Binder, rookie lain yang digadang-gadang hengkang dari MotoGP adalah pebalap KTM Tech3, Remy Gardner. Pasalnya, tim satelit KTM Tech3 musim depan akan berganti menjadi tim pabrikan dengan nama Gasgas Factory Racing.

Gasgas Factory Racing sudah mengumumkan Pol Espargaro sebagai salah satu ridernya untuk MotoGP 2023. Selain Pol, Gasgas dikabarkan akan merekrut Miguel Oliveira dari tim KTM Factory Racing. Beda dengan Binder yang memutuskan pindah ke Moto2, Gardner belum memutuskan masa depannya.

Simak Video “Tes Pramusim MotoGP 2023 Tak Singgah ke Mandalika, Apa Sebabnya?
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.