Ini Cerita Daihatsu yang Punya Pengalaman Jualan Kei Car di Indonesia

Jakarta

Jika ada yang bertanya apakah sudah ada pabrikan otomotif yang menjual mobil mungil Kei Car di Indonesia. Sudah pasti jawabannya sudah ada dong, benar banget yang pernah menjual Kei Car di Indonesia cuma satu pabrikan yaitu Daihatsu.

Nah, di saat harga bahan bakar minyak (BBM) semakin tinggi, pilihan mobil mungil dengan pilihan mesin kecil bisa menjadi opsi, selain mobil listrik tentunya. Akan tetapi, PT Astra Daihatsu Motor selaku Agen Pemegang Merek (APM) Daihatsu di Indonesia yang penah jualan Kei Car menjelaskan, untuk menjual mobil mungil di Indonesia tidaklah mudah.

Terlebih Kei Car Daihatsu yakni Copen didatangkan dengan sistem CBU (Completely Build Up) atau didatangkan secara utuh dalam bentuk mobil di Indonesia, hal ini membuat harga melambung tinggi sehingga penjualan pun tidak terlalu cantik karena menjadi model backbone.

Disampaikan Marketing Director and Corporate Planning & Communication Director Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani, Daihatsu Copen hanya terjual 19 unit selama menjual.

Daihatsu mini Copen tampil dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, di JIExpo Kemayoran, Jakarta.Daihatsu mini Copen tampil dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Foto: Rengga Sancaya

“Sejak di luncurkan 2015 di Indonesia sudah terjual 19 unit sampai dengan 2018,” ucap Agung.

Melihat penjualan yang ada, Daihatsu pun pastikan belum berkeinginan untuk menjual Kei Car kembali di Indonesia.

“Daihatsu belum memiliki rencana untuk memasukan model Kei Car di Indonesia,” Agung menambahkan.

Tentu bukan tanpa alasan Daihatsu tidak menjual lagi Copen di Indonesia, Daihatsu menilai pasar Indonesia tidak cocok untuk Kei Car.

“Kei Car yang merupakan mobil kompak dan memiliki kapasitas mesin di bawah 660cc serta muat 5 penumpang, berbeda karakter marketnya di Jepang dengan kita, mengingat orang Indonesia lebih memilih kendaraan yang muat 7 penumpang dan mesin minimal 1.000cc,” ucap Agung.

Simak Video “Kencan Pertama dengan Daihatsu Taft Reborn: LCGC Versi Istimewa
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.