Ini Dia Wajah Baru Toyota Sienta

Jakarta

Toyota Sienta akhirnya berganti wajah. Toyota Motor Corporation akhirnya merilis Sienta dengan tampang terbaru itu. Wajah Sienta berubah total dari versi sebelumnya. Sienta kali ini dibangun dengan platform TNGA versi GA-B. Meski begitu, dimensi Toyota Sienta tak berubah banyak dari model sebelumnya. Hanya tingginya bertambah 20 mm.

Toyota Sienta terbaru memiliki panjang 4.260 mm x lebar 1.695 mm x tinggi 1.715 mm dengan jarak sumbu roda 2.750 mm. Toyota memperbaiki pintu geser pada Toyota Sienta dengan ketinggian buka pintu 1.200 mm atau bertambah 60 mm. Hal ini membuat akses keluar masuk mobil penumpang belakang juga jadi lebih mudah.

Toyota SientaAda beberapa ubahan yang dilakukan Toyota Sienta. Foto: Toyota Motor Corporation

Dibandingkan dengan generasi kedua, Toyota Sienta terbaru mengusung desain sederhana ‘Shikakumaru’ berupa lingkaran dan kotak di beberapa sisi. Ini membuat tampilan Sienta lebih kompak dan siap diajak bermanuver kemanapun.

Interiornya menjajikan kelapangan. Instrumen panel terlihat ramping dan dibuat dari material fabric. Toyota juga meletakkan beberapa tempat penyimpanan berdesain ‘Shikumaru’. Ada tiga warna interior yang diusung untuk menambah kenyamanan dalam kabin. Perpaduan warna cerah kalem sekaligus hitam dipercaya menambah kenyamanan di dalam mobil.

Untuk menambah kenyamanan, Toyota menyematkan sunshade di sliding door Sienta. Ada juga sirkulator udara yang terpasang di atap mobil supaya sirkulasi udara lebih merata hingga kursi belakang.

Tinggi pintu belakang juga bertambah 15 mm dibandingkan model sebelumnya. Kapasitas bagasi pun bertambah tinggi 20 mm, sehingga memudahkan akses menaruh barang di belakang. Bahkan sepeda dengan ban berukuran 27 inchi saja bisa masuk dengan mudah di bagasi. Material fabric pada jok Sienta sudah terlapisi dengan penghilang bau dan anti air dan minyak dan mudah dibersihkan.

Toyota SientaInterior Toyota Sienta. Foto: Toyota Motor Corporation

Dari sisi teknologi, Sienta sudah dibekali dengan Toyota Safety Sense yang berisi Pre-Collision Safety System dan Proactive Driving Assist, Lalu ada juga fitur Advance Park untuk memudahkan saat parkir. Fitur ini sangat bermanfaat ketika mobil harus di parkir di posisi paralel.

Ada dua pilihan mesin yang ditawarkan pada Toyota Sienta terbaru ini. Pertama adalah hybrid dan bensin. Untuk tipe hybrid, Sienta dibekali mesin 1.5L M15A-FXE serta sistem hybrid yang lebih efisien dengan konsumsi BBM 28,8 km/liter. Pada tipe hybrid, Toyota juga menawarkan versi penggerak E-Four.

Kemudian untuk tipe bensinnya, menggunakan mesin M15A-FKS 1.5L dan dipadukan dengan transmisi CVT 10 percepatan Sport Sequential Shitfmatic. Mesin itu juga dipercaya lebih efisien dari sisi penggunaan bahan bakar. Dalam pengujian World Harmonized Light Vehicle Test Cycle (WLTC), Sienta terbaru versi bensin ini memiliki konsumsi BBM 18,3 km/liter. Untuk tipe ini, hanya ditawarkan dengan pilihan penggerak roda 2WD.

Toyota Sienta terbaru dibanderol paling murah 1.950.000 yen atau setara Rp 211 jutaan (1 yen= Rp 108,62) dan yang termahal 3.108.000 yen setara dengan Rp 337 jutaan. Sienta terbaru akan menggoda warga Jepang dengan pilihan konfigurasi 5-seater dan 7-seater.

Simak Video “Tren Bergeser, Toyota Bikin Mobil Pejabat Model Crossover
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.