Ini Mobil dan Motor Listrik yang Dipakai Polisi buat Kawal KTT G20

Jakarta

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan ratusan kendaraan listrik untuk mengawal Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022. Agenda internasional ini memang bakal mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik.

Nantinya, di KTT G20 Bali para delegasi negara akan menggunakan kendaraan listrik. Untuk mendukung hal itu, Korlantas Polri juga menyiapkan mobil dan motor listrik untuk pengawalan.

Dikutip dari situs resmi Korlantas Polri, Polri menyiapkan 88 mobil listrik dan 94 motor listrik untuk mendukung KTT G20 di Bali. Apa saja mobil dan motor listrik yang akan digunakan untuk mengawal KTT G20?

Dari video yang ditayangkan channel YouTube NTMC Polri, tampak beberapa kendaraan listrik yang sudah dilabur livery khas Korlantas Polri. Mobil dan motor listrik itu didominasi warna putih dengan lis biru khas kendaraan operasional polisi lalu lintas.

Mobil dan Motor Listrik Polisi buat Kawal KTT G20Mobil dan Motor Listrik Polisi buat Kawal KTT G20 Foto: Instagram NTMC Polri

Adapun mobil listrik yang digunakan adalah Hyundai Ioniq Electric. Hyundai Ioniq dibekali Permanent-magnet synchronous bertenaga 100 kW (136 PS) yang dipasok oleh baterai lithium ion 38,3 kWh. Motor mengembangkan torsi 295 Nm yang didistribusikan ke roda depan.

Jarak tempuh Hyundai Ioniq mencapai 373 km (berdasarkan NEDC) dan 311 km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya. Pengisian daya penuh dapat dicapai dalam 54 menit untuk pengisian nol hingga 80 persen dengan menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW (DC).

Lebih lanjut Hyundai Ioniq ini juga bisa dicharging di rumah (standar) dari titik nol hingga 100 persen memakan waktu 17 jam 30 menit, AC Charging 6 jam 5 menit.

Selain mobil, Korlantas Polri juga menyiapkan motor listrik untuk pengawalan. Tampak motor listrik yang digunakan adalah motor dari Zero Motorcycles, merek motor listrik asal Amerika Serikat.

Motor listrik itu adalah Zero DSR yang sudah ditambahkan box di samping dan belakang. Motor listrik Zero DSR mengusung gaya motor adventure yang siap digunakan di segala medan.

Zero DSR dibekali motor elektrik Z-Force 75-7R air-cooled brushless motor. Tenaganya mencapai 70 daya kuda dengan torsi maksimal 157 Nm. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 163 km/jam. Sekali ngecas, motor listrik ini bisa menjangkau jarak 169 km sampai 328 km.

Simak Video “Bukan Korea-Jepang, China yang Akan Jadi Raja Mobil Listrik di Indonesia
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.