Ini Perbandingan Hyundai Stargazer dan Hyundai Creta

Suara.com – Mobil Hyundai Stargazer akan dirilis pada pertengahan bulan Agustus 2022 ini. Hyundai Stargazer memiliki empat jenis yang berbeda yakni Hyundai Stargazer Active, Hyundai Stargazer Trend, Hyundai Stargazer Style dan Hyundai Stargazer Prime yang tergabung dalam segmen low multi purpose vehicle (MPV). 

Hyundai Stargazer ini memiliki beberapa fitur yang mirip dengan Hyundai Creta. Keduanya dilengkapi dengan fitur dengan Hyundai SmartSense. Berikut perbandingan Hyundai Stargazer & Creta.

Penjelasan Fitur

  • Forward Collision-avoidance Assist (FCA)

Fitur ini dapat memperingatkan pengemudi apabila mendeteksi ada risiko benturan dari arah depan seperti ada pejalan kaki yang melintas atau kendaraan lain yang tiba-tiba berhenti. Fitur peringatan ini penting untuk membantu pengemudi melakukan pengereman otomatis.

Baca Juga:
Tips Membedakan Oli Mesin Motor Matik Keluaran Terbaru dan Lama

  • Lane Keeping Assist (LKA)

Fitur kamera depan ini dapat melacak penanda garis jalur dan dapat membantu kendaraan tetap berada di tengah jalur. Sistem ini akan memperingatkan pengemudi jika kendaraan meninggalkan jalur tanpa menggunakan lampu sein.

Hyundai Stargaze diparkir di kompleks Hyundai Motors Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (21/7/2022). [Suara.com/Dicky Prastya]
Hyundai Stargaze diparkir di kompleks Hyundai Motors Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (21/7/2022). [Suara.com/Dicky Prastya]
  • Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA)

Fitur ini dapat memonitor blind-spot saat pengemudi sedang berkendara. Apabila ada mobil yang terdeteksi berada di sekitar, maka lampu LED pada spion akan menyala untuk memberikan peringatan dan pengereman otomatis apabila diperlukan.

  • Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA)

Fitur ini dapat memperingatkan apabila ada kendaraan lain yang berada di jalur belakang yang mendekat dan saat mundur.

Detail Mesin

Selain memiliki persamaan terhadap fitur Hyundai SmartSense, Hyundai Stargazer dan Hyundai Creta juga memiliki persamaan dalam penggunaan basis mesin, yakni ukuran silinder (cc) 1497, kapasitas tangki bahan bakar 40, jenis bahan bakar bensin, 4 jumlah silinder dan 6 speed manual konfigurasi transmisi.

Baca Juga:
Menperin: Produsen Otomotif Jepang, Korsel dan Tiongkok Berlomba Masuk Indonesia

Hyundai Creta. [suara.com/Budi Warsito]
Hyundai Creta. [suara.com/Budi Warsito]

Pilihan Warna

Hyundai Creta memiliki pilihan warna lebih banyak daripada Hyundai Stargazer. Diketahui Hyundai Creta tersedia atas 7 warna yaitu Creamy white, Dragon red pearl, Galaxy blue pearl, Glowing silver metallic, Magnetic silver metallic, Midnight Black Pearl, Titan Gray Metallic. Sementara itu Hyundai Stargazer tersedia 5 warna yaitu Dragon Red Pearl, Magnetic Silver Metallic, Mangrove Brown Pearl, Midnight Black Pearl, Titan Gray Metallic.

Jadi bisa disimpulkan, perbedaan desain yang menjadi pembeda utama dari dua mobil tersebut, di mana Stargazer masuk ranah MPV, sementara Creta lebih ke SUV.

Demikian informasi seputar perbandingan antara Hyundai Stargazer dan Hyundai Creta yang memiliki banyak kemiripan di antara keduanya. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.