Jalur Alternatif dari Bandung ke Jakarta Lewat Tol Japek II Selatan

Jakarta

Pengendara yang dari Bandung mengarah ke Jakarta bisa menggunakan jalur alternatif Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan yang dibuka fungsional.

Dikutip Korlantas Polri, pengguna jalan dari arah Bandung yang ingin ke arah Jakarta dapat keluar melalui Gerbang Tol Sadang Jalan Tol Cipularang Km 76. Kemudian bisa melanjutkan perjalanan melalui jalan non-tol.

Di lokasi yang sama yaitu Tol Cipularang, pengguna jalan juga bisa mengakses jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.

Dikutip dari Buku Saku Digital Mudik Jasa Marga, pengoperasian fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan diberlakukan mulai dari Simpang Susun (SS) Sadang sampai dengan Kutanegara sepanjang 8,5 km. Pengoperasian Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ini dilakukan untuk mendukung pelayanan arus mudik dan balik, yang pada implementasinya dioperasikan sesuai diskresi kepolisian.

Penampakan Tol Cipularang Macet Panjang di H+2 LebaranIlustrasi Penampakan Tol Cipularang Macet Panjang di H+2 Lebaran Foto: Video 20Detik

Adapun rute untuk mengakses jalur fungsional Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan sebagai berikut:

1. Masuk melalui SS Sadang yang terletak di Jalan Tol Cipuarang arah Jakarta di KM 76 Tol Cipularang

2. Melakukan tapping e-toll di GT Sadang Fungsional untuk pembayaran tarif tol hingga exit Sadang (jalur fungsional tidak dikenakan tarif)

3. Melewati main road jalur fungsional sepanjang 8,5 km

4. Melanjutkan perjalanan melalui jalan non-tol sepanjang 15-20 km dengan satu-dua lajur setiap arahnya

5. Masuk kembali ke jalan tol Jakarta-Cikampek melalui GT Karawang Barat di KM 47 pada periode arus mudik dan GT Karawang Timur di KM 57 pada periode arus balik.

Jalur fungsional Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan hanya untuk kendaraan golongan I atau kendaraan kecil (non-bus). Kecepatan maksimal di jalur fungsional adalah 60 km/jam.

Jalur fungsional Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan ini dilengkapi penerangan, perambuan, stick cone, flag man untuk memandu pengguna jalan, petugas dan pos pantau, dan fasilitas pengisian bahan bakar sementara.

Simak Video “Tantangan Arus Balik Besar, Jasa Marga Harap Pemudik Maklumi Rekayasa Lalin
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.