Jamin Keamanan, Mercedes-Benz Recall Mobil Terkait Airbag Takata

JakartaMercedes-Benz mengumumkan kampanye recall pada mobil-mobil yang beredar di Tanah Air. Recall ini untuk menjamin keamanan penggunanya berkaitan dengan airbag Takata yang bermasalah.

Mercedes-Benz diberitahukan oleh pemasok airbagnya yaitu TK Holdings, Inc (Takata) bahwa kondisi iklim tertentu dapat menyebabkan perubahan kimia propelan yang ada di dalam generator gas airbag Takata tertentu.

Oleh karenanya, jika terjadi sebuah kecelakaan yang melibatkan penyebaran airbag, perubahan ini dapat menyebabkan generator gas meledak karena peningkatan tekanan internal. Hal ini menyebabkan airbag tidak akan mengembang dan membuat risiko cedera pada pengemudi.

Meski belum ditemukan kasus terkait masalah airbag ini, namun Mercedes-Benz tetap memprioritaskan keamanan penggunanya dengan melakukan penarikan global terhadap kendaraan tertentu. Mercedes-Benz akan mengganti airbag tersebut sebagai tindakan pencegahan.

Adapun model Mercy yang ditarik kembali di Indonesia karena masalah airbag ini antara lain 169 (A-Class), 204 (C-Class), 207 (E-Class Coupe), 212 (E-Class), 164 (ML), 171 (SLK), 251 (R-Class), 197 (SLS AMG), 906 (Sprinter) dan 639 (Vito/van) dari model tahun 2005-2014.

Selain itu ada juga mobil lainnya seperti 164 (GL) model 2009-2012, 204 (S-Class Coupe) model tahun 2012-2015, 204 (C-Class Station Wagon) model 2008-2014, 207 (E-Class Convertible & Coupe) model 2010-2017, 212 (E-Class Station Wagon & Sedan) 2010-2011, dan 906 (sprinter) 2006-2017.

adv

Foto: Mercedes-Benz

Semua pemilik Mercy yang terkena dampak dari pemanggilan ini bisa memeriksa VIN kendaraannya. Untuk memeriksanya, pengguna bisa menemukannya di pelat identifikasi kendaraan yang berada di pintu depan sebelah kanan atau di dasar kursi. Nomor VIN terdiri dari 17 karakter dan dimulai dengan huruf WD.

Nantinya nomor tersebut bisa dicek di microsite Mercedes-Benz atau Customer Care Center untuk mengonfirmasi apakah mobil pengguna telah diidentifikasi untuk program pemantauan dari Mercedes-Benz ini. Nantinya akan ada surat yang meminta pengguna untuk melakukan recall ini oleh dealer resmi.

Pengguna juga bisa langsung menghubungi dealer sesegera mungkin untuk memesan agar airbag yang ada di kendaraan bisa terganti dengan cepat. Saat ini, Mercedes tengah dalam proses mendapatkan bagian yang diperlukan untuk persiapan penarikan kembali.

Adapun penggantian airbag Takata ini hanya berlaku untuk inflator airbag pengemudi depan dan/atau penumpang. Airbag Takata lainnya di dalam kendaraan tidak terpengaruh oleh kondisi ini dan tidak akan dikenakan penarikan dan penggantian.

Segala penggantian airbag yang dilakukan oleh Mercedes-Benz kepada beberapa model mobilnya tersebut tidak dipungut biaya sepeserpun atau gratis. Untuk model lainnya yang tidak termasuk berarti kendaraan tersebut tidak menggunakan jenis inflator airbag Takata. (adv/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.