Jangan Dilupakan, Ban Cadangan Juga Perlu Dirawat

Sahabat Oto… Ban cadangan merupakan salah satu komponen dari mobil yang tidak boleh disepelekan. Meskipun jarang dipakai setiap saat, keberadaan ban serep bisa sangat berguna pada saat-saat tertentu. Oleh karena itu ban serep yang memiliki kondisi prima setiap saat.

Agar kondisi ban serep selalu dalam keadaan prima dan siap digunakan terdapat beberapa hal yang bisa Sahabat Oto lakukan.

Periksa Tekanan Angin secara Berkala

Meski tidak sering dipakai, bukan berarti tidak penting untuk mengecek tekanan angin yang dimiliki oleh ban serep mobil. Menurunnya tekanan angin pada ban serep bisa disebabkan oleh pori-pori permukaan karet ban. Agar selalu memiliki tekanan yang pas saat hendak digunakan, lakukanlah pengecekan tekanan angin pada ban serep setidaknya sekali setiap bulannya.

Rutin Rotasi Ban

Elastisitas dari ban serep bisa berkurang jika jarang digunakan sehingga karetnya menjadi terasa lebih keras sehingga perputarannya takkan maksimal saat digunakan. Untuk mencegah hal ini, lakukannya rotasi ban serep secara rutin dengan cara menggantinya dengan keempat ban lain sehingga elastisitas ban tetap terjaga.

Bersihkan Ban Serep

Ban serep yang kotor dan tidak dibersihkan bisa mengurangi kualitas dari ban tersebut, terlebih untuk ban serep yang disimpan pada bagian kolong mobil atau diletakkan dibelakang tanpa tertutup.

Membersihkan ban serep mobil dan memberikan pelembab khusus ban mampu menjaga elastisitas ban sehingga membuatnya tetap dalam kondisi prima saat hendak digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.