Jangan Sampai Salah…. Kenali Kembali Perbedaan Spooring dan Balancing

Sahabat Oto…. Dalam perawatan mobil, spooring dan balancing mobil adalah salah satu bagian dari servis rutin yang harus dilakukan pada mobil Sahabat Oto. Tujuan dari spooring dan balancing ini adalah agar laju mobil Sahabat Oto tetap lurus. Meskipun demikian, keduanya memiliki perbedaan.

Spooring

Spooring adalah proses menyeimbangkan atau menyelaraskan roda-roda mobil dengan meluruskan ban depan dengan ban bagian belakang. Dalam prosesnya, spooring mencakup camber, caster, toe angle (toe-in atau toe-out), dan turning radius.

Fungsi spooring adalah untuk menjaga kestabilan kendaraan, diantaranya kemudi menjadi ringan, menimbulkan gaya putar kembali setelah belok dan mencegah kendaraan belok sendiri saat kemudi dilepas, lalu mengurangi keausan pada bagian-bagian ball-joint dan roda.

Balancing

Balancing berfungsi untuk menyeimbangkan kembali semua roda mobil dan memastikan apakah ban sudah seimbang pada titik pusat rodanya atau belum. Untuk itu, balancing umumnya dilakukan sesudah proses penggantian ban atau pelek. Dengan tujuan, agar saat mobil dipakai, ban dalam kondisi terbaik dan putaran roda mobil pun bisa berputar dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.