Jenis-Jenis Kaca Film Berdasarkan Fiturnya

Sahabat Oto… Selain berfungsi untuk melindungi dan memperindah mobil, kaca film mobil ternyata banyak jenisdnya salah satunya bisa dibedakan berdasarkan fitur yang disematkan. Setidaknya ada empat jenis kaca film yang termasuk kategori ini. Masing-masing kaca film memiliki fiturnya sendiri.

Kaca film VLT

Kaca film visible light transmittance (VLT) merupakan kaca film yang mampu meneruskan cahaya ke dalam kabin mobil. Selama berada di kabin mobil, Sahabat Oto dapat melihat jelas keadaan di luar, tapi orang yang berada di luar tidak akan bisa melihat ke dalam. Umumnya, kaca film VLT ditawarkan dalam berbagai tingkat kegelapan. Semakin kecil nilai persentasenya, maka tingkat kegelapannya semakin besar. Misalnya, apabila Sahabat Oto membeli kaca film VLT 5%, maka tingkat kegelapannya bisa mencapai 80%. Sebaliknya, jika Sahbat Oto membeli kaca VLT 70%, maka tingkat kegelapannya hanya 15%.

Kaca film UVR

UVR merupakan singkatan dari ultraviolet rejection. Sesuai namanya, jenis kaca film mobil yang satu ini mampu menepis sinar ultraviolet agar tidak memenuhi kabin mobil. Kaca UVR dijual dalam berbagai tingkat persentase sehingga Sahabat Oto dapat memilih sesuai kebutuhan. Idealnya, semakin tinggi persentasenya, maka semakin besar pula sinar ultraviolet yang dapat disaring. Di samping melindungi kulit agar tidak terbakar, kaca film UVR juga membantu jok dan dashboard tidak mudah pudar akibat paparan sinar ultraviolet.

Kaca film IRR

IRR merupakan kepanjangan dari infrared reflectance, kaca film IRR berfungsi menyaring sinar inframerah dari cahaya matahari agar tidak masuk ke kabin mobil. Konsepnya pun serupa dengan kaca film UVR. Semakin tinggi nilai persentase yang ditawarkan, maka semakin besar pula penolakan sinar inframerah yang diberikan. Dengan menekan paparan sinar inframerah ke kabin mobil, maka kondisi di dalam pun akan terasa lebih sejuk.

Kaca film TSER

TSER mengacu pada energi matahari yang ditolak atau ditangkis kaca film mobil. Hal ini sesuai dengan namanya, yaitu total solar energy rejected (TSER). Sama seperti UVR dan IRR, semakin tinggi nilai persentase yang ada pada kaca film TSER, maka akan semakin besar pula energi total yang dapat ditangkis kaca film. Artinya, pemasangan kaca film TSER dalam persentase tinggi dapat membuat kabin mobil terasa lebih sejuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.