Jokowi Disambut Mobil Termahal China saat Tiba di Beijing

Jakarta

Presiden Joko Widodo telah tiba di Beijing tadi malam. Menyambut Jokowi, China juga telah menyiapkan kendaraan spesial. Adapun kendaraan itu adalah mobil limusin Hongqi L5.

Hongqi L5 bukanlah mobil biasa, melainkan yang termahal di Negeri Tirai Bambu tersebut. Mengutip laman Hot Cars, Hongqi L5 merupakan penantang mobil-mobil Eropa sekelas Mercedes-Benz, Bentley, hingga Rolls-Royce.

Mobil ini kabarnya dibanderol 5 juta yuan atau kalau dirupiahkan dengan kurs saat ini (1 yuan = Rp 2.215) setara Rp 11 miliar. Kalau membandingkan secara harga, Hongqi L5 memang setara dengan merek-merek mewah asal Benua Biru tersebut.

Bagi yang belum tahu, Hongqi memang merupakan salah satu merek mobil mewah yang bermarkas di Changchum, China. Pabrikan itu perdana memproduksi mobil tahun 1958. Pada tahun itu pula Hongqi menjadi pabrikan perdana yang memproduksi mobil atas merek sendiri di China. Saat ini, Hongqi merupakan pabrikan tertua di China.

Kalau melihat tampilannya, Hongqi L5 bisa dibilang tampak jadul dengan desain klasiknya bila membandingkan dengan Rolls-Royce ataupun Bentley. Lalu apa yang membuat harga jual Hongqi L5 begitu fantastis?

Di bagian dalam mobil, penumpang akan dimanjakan dengan interior yang sangat nyaman nan elegan. Kenyamanan itu berkat jok berlapis kulit yang dijahit secara manual. Instrumen klaster mobil juga terlihat klasik disertai ornamen kayu dengan desain bunga matahari dimana-mana. Di konsol tengah, sudah hadir tampilan digital.

Dari sisi fitur, Hongqi L5 menawarkan keamanan dan keselamatan lewat anti-theft alarm, central locking, auto handbrake release function, brake assist, electric sunroof, kursi pemanas atau pendingin, serta fungsi pijat. Terdapat pula layar hiburan di kursi belakang berupa layar sentuh LCD berukuran 8 inchi dengan resolusi 800×600 yang terletak di arm rest.

Di balik kapnya, Hongqi L5 menggendong mesin V12 6.0L yang bisa menghasilkan tenaga hingga 402 daya kuda dengan sangat halus. Tenaga tersebut disalurkan melalui penggerak di keempat rodanya.

Simak Video “Jokowi Minta Polri Kawal Pembangunan IKN hingga Pemilu 2024
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.