Kawal KTT G20, Polisi Pakai Mobil dan Motor Listrik

Jakarta

Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022. Selama perhelatan KTT G20, kendaraan yang digunakan adalah mobil dan motor listrik yang lebih ramah lingkungan.

Nantinya, para petinggi negara di dunia dan delegasinya akan menggunakan mobil listrik. Tak hanya itu, Polisi akan melakukan pengawalan menggunakan kendaraan listrik.

Korlantas Polri melalui Subditwal dan PJR Ditgakkum menggelar pelatihan kemampuan personel dalam menggunakan kendaraan listrik. Pelatihan ini dilakukan untuk persiapan pengawalan KTT G20.

“Ini pelatihan jadi bagian tidak terpisah dari Operasi Pura Agung yang akan kita selenggarakan dalam pengamanan G20 nanti khususnya KTT,” kata Asops Kapolri Irjen Agung Setya Imam Effendi dikutip situs Korlantas Polri, Kamis (15/9/2022).

Menurutnya, penggunaan kendaraan listrik di KTT G20 bisa menunjukkan ke dunia bahwa Indonesia sudah mengikuti dinamika, kegiatan-kegiatan resmi kenegaraan sudah menggunakan kendaraan ramah lingkungan. Untuk mendukung agenda internasional ini, Polri menyiapkan 88 mobil listrik dan 94 motor listrik.

“Hari ini kita latihkan kepada semua anggota, karena kita tahu fitur dan cara kerja kendaraan listrik berbeda dengan mekanik kendaraan fosil, dan itu perlu latihan,” katanya.

“Saya pesankan untuk terus membekali dengan latihan-latihan dan terus merefresh lagi kemampuan yang sudah dimiliki anggota. Sehingga nanti dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan benar-benar kita 100 persen siap dan menjalankan pengamanan dengan baik,” sebutnya.

Sementara itu, nantinya para petinggi negara dunia yang hadir di KTT G20 Bali akan menggunakan mobil listrik. Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, untuk G20 sudah ada beberapa pabrikan otomotif yang siap menyediakan mobil listriknya. Mobil listrik yang akan digunakan di KTT G20 antara lain Genesis G80 yang dipasok Hyundai, Lexus UX300e yang disediakan oleh Toyota, serta mobil listrik mungil Wuling Air ev.

“G20 nanti akan ada unit dari Hyundai (Genesis G80) yang akan digunakan kepala negara. Kemudian dari Toyota dengan Lexus yang juga akan digunakan oleh para pejabat di bawah presiden. Kemudian ada Wuling EV,” ujar Airlangga beberapa waktu lalu.

Simak Video “Masyarakat Mulai Tertarik Kendaraan Listrik, Ini Faktor Penyebabnya
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.