Kejutan! TVS Kembangkan Motor Berbahan Bakar Hidrogen, Ini Fakta Unik yang Perlu Diketahui

Suara.com – Sejumlah produsen kendaraan saat ini tengah mencoba mencari alternatif untuk beralih dari penggunaan bahan bakar minyak.

Beberapa cara di antaranya adalah penggunaan mesin full elektrik, walau pada saat ini penggunaan mesin jenis tersebut masih menuai pro dan kontra, khususnya terkait penambangan bahan dasar baterai dan pengelolaan limbahnya.

Selain mesin elektrik, rupanya ada pabrikan yang mencoba berinovasi dengan mengembangkan motor berbahan bakar hidrogen.

Dilansir dari Rideapart, pabrikan tersebut adalah TVS. Salah satu pembuat sepeda motor terkemuka di India ini, jadi sorotan seusai munculnya ilustrasi paten yang bocor, menggambarkan dua tabung hidrogen yang dipasang ke downtube depan skuter.

Baca Juga:
Motor Triumph Harga Terjangkau Disinyalir Siap Mengaspal Tahun Depan, Begini Bocorannya

Pada ilustrasi tersebut, terdapat selang yang menghubungkan kedua tabung, dengan nosel menghadap ke depan, mirip dengan skuter bertenaga bensin standar.

Motor TVS bertenaga hidrogen. (Rideapart)
Motor TVS bertenaga hidrogen. (Rideapart)

Disinyalir bahwa suplai energi ini akan mengalir ke mesin yang mirip dengan unit 4.4kW di TVS iQube saat ini.

Kendaraan roda dua bertenaga hidrogen bisa jadi populer di masa depan. Faktanya, Kawasaki dan Yamaha sama-sama berinvestasi besar-besaran dalam teknologi ini.

Langkah tersebut logis, lantaran motor hidrogen menawarkan kenyamanan pengisian bahan bakar kendaraan ICE dengan emisi jauh lebih rendah. Beda dengan motor elektrik yang isi ulang dayanya masih butuh banyak pengembangan.

Baca Juga:
Perbandingan Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF 150L, Begini Jika Harga dan Spesifikasinya Diadu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.