Kelebihan dan Kekurangan Mobil Diesel

Jakarta

Di Indonesia, popularitas mobil diesel memang masih kalah tenar dengan mobil bensin. Meski begitu, para pabrikan masih menyajikan mobil diesel sebagai pilihan untuk masyarakat Indonesia utamanya sebagai kendaraan harian. Umumnya mereka yang meminang mobil diesel lebih mempertimbangkan faktor efisiensi bahan bakar.

Mengutip laman Car From Japan, salah satu keunggulan mobil diesel adalah dari sisi efisiensi BBM. Dibandingkan mobil bensin, mobil diesel disebut lebih hemat 25-30%. Dengan begitu, jarak tempuh yang bisa dilahap mobil diesel tentu bisa lebih jauh. Biaya operasional kendaraan pun juga bisa dihemat karena penggunaan BBM yang efisien tersebut.

Proses kompresi pada mobil diesel juga lebih singkat karena tidak membutuhkan busi. Pada mobil diesel, udara akan dikompresi terlebih dahulu hingga memanas. Saat udara sudah panas karena proses kompresi, bahan bakar akan disuntikkan ke dalam sehingga menghasilkan pembakaran yang membuat mesin menyala. Beda halnya dengan mobil bensin, dimana bahan bakar akan lebih dulu bercampur dengan udara lalu dikompresi piston dan menyala berkat percikan api dari busi.

Durabilitas mobil diesel juga lebih kuat kalau dibandingkan dengan mobil bensin. Biasanya, mobil diesel punya umur lebih awet dan ini berpengaruh terhadap harga jual kembali yang cenderung tinggi.

Performa yang ditawarkan mobil diesel juga mencuri perhatian. Kalau diperhatikan, mobil diesel ini biasanya digunakan di daerah-daerah yang medannya kurang mulus namun dapat dilalui dengan mudah.

Kalau ada keunggulan, tentu ada juga kekurangan mobil diesel. Misalnya soal perawatan. Mobil diesel biasanya dibekali dengan teknologi yang canggih. Tapi di sisi lain, untuk perawatan teknologi itu dibutuhkan pula biaya yang tidak murah.

Harga mobil diesel biasanya juga lebih tinggi dibandingkan mobil bensin. Ini menjadi pertimbangan tersendiri buat konsumen sebelum menentukan pilihan mobil diesel atau bensin.

Memang sih mobil diesel lebih tangguh dan hemat BBM tapi apakah kelebihan itu pantas dibayar dengan harga yang lebih mahal? Buat kamu yang punya budget berlebih, tentu itu bukan masalah berarti. Mobil diesel bisa menjadi pilihan menarik.

Simak Video “Aturan Emisi Euro 4 Berlaku untuk Diesel, Apa BBM yang Cocok?
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

15 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.