Kemudi Bergetar Saat Dikendarai, Komponen-Komponen Ini Harus Diperiksa

Sahabat Oto… Mobil bergetar saat dikendarai dalam kecepatan tinggi menandakan ada masalah pada kendaraan dan tentunya sangat berisiko. Selain mengancam keamanan pengemudi dan penumpang, hal ini juga membuat perjalanan tidak nyaman.

Oleh sebab itu, jika Sahabat Oto menemukan permasalahan ini berarti mobil harus segera dilakukan pengecekan hingga perawatan untuk mencegah kerusakan yang lebih besar.

Terdapat setidaknya 4 komponen yang bisa menyebabkan kemudi mobil bergetar ketika sedang melaju di jalan raya.

Ban

Ban terkadang bisa mengalami kerusakan seperti benjol. Hal ini bisa disebabkan karena ban pernah menghantam lubang dengan keras. Jika ban benjol, maka rasanya seperti melewati jalanan yang tidak rata setiap saat.

Balancing

Poin ini masih memiliki keterkaitan dengan ban dan pelek. Ketika memasang ban pada pelek, pastikan sudah dalam keadaan baik, dengan melakukan balancing.

Jika tidak, ban akan mengalami ketidakseimbangan sehingga akan bergetar pada kecepatan tinggi.

Selain itu, jika ada penggantian pelek pada kendaraan, pastikan ukuran center bore sama ataupun memiliki center ring agar pelek tidak bergetar.

Kaki-Kaki

Suspensi memegang peranan penting dalam meredam semua getaran dari jalanan ke mobil. Jika mobil bergetar atau mengayun tidak seperti biasanya, maka bisa melakukan pengecekan pada komponen suspensi.

Engine Mounting

Keempat atau terakhir adalah Mounting yang merupakan komponen yang bertugas untuk meredam getaran yang dihasilkan mesin. Bila komponen ini sudah rusak, maka getaran tidak bisa diredam dengan baik. Alhasil getaran tersebut akan terasa ke seluruh bagian mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.