Kenali Penyebab Aki Mudah Tekor

Sahabat Oto… Aki merupakan tempat penyimpanan energi listrik yang sangat diperlukan terutama ketika hendak menyalakan mobil. Jika aki berada dalam kondisi tekor yang artinya kurang energi listrik maka hal ini bisa membuat kita menjadi repot.

Untuk mencegah hal itu terjadi, Sahabat Oto perlu mengetahui dan memahami apa penyebab aki tekor sehingga tekornya aki ini bisa dihindari. Berikut ini merupakan beberapa penyebab aki bisa menjadi tekor.

Mobil tidak pernah dihidupkan

Mobil yang terlalu lama didiamkan terparkir akan menyebabkan tegangan listrik pada aki menurun. Agar tegangan listrik aki tetap normal, usahakan untuk selalu menghidupkan mobil. Jika mobil tidak digunakan, cukup panaskan mesin mobil selama beberapa menit pada pagi hari. 

Menghidupkan AC saat mobil mati

Kesalahan dalam penggunaan mobil pun bisa menyebabkan aki tekor. Salah satunya adalah menghidupkan AC atau head unit saat mesin mobil dalam kondisi mati. Jika dilakukan terus-menerus, hal ini bisa memperpendek umur aki. 

Terlalu banyak aksesoris mobil​​​​​​​

Penyebab lainnya adalah penggunaan aksesoris mobil yang berlebihan. Anda mungkin ingin membuat tampilan mobil semakin oke dengan menambahkan lampu, audio atau perangkat elektronik lainnya. 

Namun, perlu Sahabat Oto ketahui, semakin banyak perangkat elektronik dipasang pada mobil, maka semakin keras kerja aki. Untuk itu, pastikan perangkat elektronik pada mobil Anda tidak melampaui batas kemampuan aki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.