Mbahnya RX-King Bakal Bangkit Lagi

Jakarta

Motor legendaris sesepuhnya Yamaha RX-King bakal dibangkitkan lagi. Tapi motor itu akan disesuaikan dengan emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan, bahkan dengan nama dan desain lebih modern.

Yamaha RX-100 merupakan motor yang dilahirkan sekitar tahun 1980-an. Motor dua tak itu merupakan pendahulu dari RX-135 yang lebih dikenal dengan nama RX-King di Indonesia.

Nah, Yamaha Motor India berencana membangkitkan RX-100. Tapi tidak lagi memakai mesin dua tak karena dinilai bakal sulit mengikuti standar emisi.

“Kami ingin mengembalikan merek RX-100 tetapi ada dua poin, RX-100 adalah mesin dua langkah dan menyesuaikan mesin BS6 (standar emisi) di dalamnya tidak mungkin sekarang,” ujar Chairman Yamaha Motor India, Eishin Chihana kepada BusinessLine dikutip Rabu (27/7/2022).

Chihana mengatakan mimpi untuk membangkitkan bukan isapan jempol belaka. Dalam prosesnya, RX-100 nanti akan reinkarnasi dengan nama serta desain yang lebih modern.

“Tentu memberi nama model (RX-100) baru ada dalam rencana kami. Karena itu, begitu kami menempatkan RX-100 pada merek atau beberapa model yang bercita-cita tinggi. Reinkarnasi dengan gaya atau rasa modern, merupakan tantangan besar,” jelas dia.

Disinggung waktu peluncuran, kehadiran RX-100 bakal muncul setelah tahun 2026. Sebab Yamaha sudah punya roadmap motor baru hingga 2025.

“Kami punya rencana, tetapi kami tidak boleh menggunakan nama RX-100 dengan mudah itu akan merusak citra. RX-100 tidak bisa menjadi rencana atau keputusan cepat, harus menjadi paket yang berdampak dengan mesin dan desain yang kuat,” tambah Chihana.

Di sisi lain Yamaha RX-100 masih memiliki loyalis sejati. Motor ini diproduksi antara tahun 1985 dan 1996 dan masih diminati di pasar purna jual. Bahkan setelah 26 tahun sejak perusahaan menghentikan produksinya. Banyak pengguna yang menyimpan motor 100cc itu masih utuh karena Yamaha terus menyediakan suku cadang sampai sekarang.

Jadi penasaran, bakal seperti apakah model Yamaha RX100 nanti ya?

Simak Video “Anti Ngebul! Ini Wujud Yamaha RX-King yang Disulap Jadi Motor Listrik
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.