Mekanik Ungkap Soal Logam Berharga yang Disematkan di Bagian Katalitik Konverter Mobil

Suara.com – Seorang mekanik asal Amerika Serikat mengungkap rahasia mengapa katalitik konverter pada mobil sering menjadi target pencurian.

Lewat akun YouTube Car Wizard, ia membeberkan bila komponen penting pada mobil saat ini memiliki waktu tunggu yang cukup lama untuk mendapatkannya.

Dalam beberapa kasus kelangkaan ini, pencuri lebih gencar melakukan incaran atas katalitik konverter karena banyaknya permintaan dari penadah.

Penampang catalytic converter saat dibuka. Sebagai ilustrasi [YouTube: The Auto Rules].
Penampang catalytic converter saat dibuka. Sebagai ilustrasi [YouTube: The Auto Rules].

“Permintaannya tinggi karena mereka dicuri, dan pencuri tidak berencana untuk berhenti karena mereka jarang tertangkap. Jadi, selain mahal, katalitik konverter juga sulit didapat saat ini,” ujarnya dikutip dari Autoevolution.

Baca Juga:
Amerika Serikat Bakal Terapkan Sistem Deteksi Alkohol untuk Mobil Baru

Di dalam komponen yang menjadi bagian dari saluran gas buang ini terdapat logam yang sangat berharga dan membuat pencuri berani ambil risiko untuk mendapatkannya. Yaitu platinum, rhodium, dan paladium.

Fungsi komponen adalah mengendalikan emisi. Dengan demikian keberadaan katalitik konverter adalah hal yang wajib disematkan para carmaker untuk produk mereka agar memenuhi standar emisi.

Dengan komponen ini, gas buang berbahaya yang dihasilkan oleh mobil akan dibakar atau dipisahkan oleh katalitik konverter sebelum akahirnya dilepaskan ke udara.

Katalitik konverter juga bisa meleleh. Hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan. Akan tetapi penyebab paling umum adalah kerusakan yang diakibatkan modifikasi tidak sesuai dan perawatan tidak tepat.

Baca Juga:
Jadi Pasangan Abadi, Kereta Merta Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip Miliki Beberapa Kesamaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.