Mengapa Tidak Boleh Mengisi Tabung Reservoir Sampai Penuh?

Sahabat Oto… Ketika digunakan, mesin mobil akan menjadi panas akibat proses pembakaran, dan untuk mecegah panas berlebih makan diperlukan sistem pendinginan yang salah satunya dilakukan oleh radiator.

Salah satu cara untuk merawat radiator adalah dengan selalu memeriksa cairan pendingin yang dapat diketahui dari tabung reservoir. Letak tabung ini biasanya berada di pojok atas ruang mesin kendaraan dengan bahan tembus pandang.

Pada tabung biasanya terdapat takaran ukuran cairan radiator. Nah pasti ada yang bertanya-tanya mengapa posisi tanda maksimal dari isi cairan tersebut berada di tengah-tengah, apakah tabung reservoir bisa diisi penuh untuk berjaga-jaga agar cairan radiator berkurang?

Tabung reservoir tidak boleh diisi sampai penuh Sahabat Oto, alasannya adalah ruang kosong di tabung reservoir nantinya akan terisi oleh cairan pendigin yang meluap dari dalam radiator karena panas yang tinggi.

Jika terjadi luapan cairan pendingin, tabung reservoir dapat menampung luapan air radiator. Nantinya saat mesin dingin air akan kembali diisap ke radiator, sehingga air radiator dapat bersirkulasi dengan baik.

Pengisian air radiator melebihi ketentuan dapat membuat air luapan tadi terbuang sehingga jumlah takaran air dalam radiator akan berkurang yang bisa menyebabkan kendaraan menjadi over heat.

2 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.