Mengenal Apa Itu Camshaft Pada Mesin Mobil

Sahabat Oto… Mesin merupakan sebuah sistem yang komplek, setiap komponen di dalamnya akan saling bekerjasama agar mesin bisa berfungsi secara optimal. Salah satu komponen yang akan kita bahas kali ini adalah Camshaft.

Camshaft sering disebut pula sebagai poros kem, noken as, poros nok, atau poros bubungan. Komponen satu ini memiliki peran sangat penting di dalam mesin mobil.

Camshaft adalah bagian dari mesin yang berfungsi mengatur buka tutup klep (valve/katup), mengatur poros distributor, menggerakkan fuel pump, dan tempat sensor mendeteksi sudut putaran camshaft. 

Biasanya komponen yang satu ini terletak di bagian kepala silinder (cylinder head) meski ada juga yang diletakkan di blok mesin. Camshaft berbentuk batangan silinder dengan panjang tertentu dan ada bagian-bagian dengan bentuk khusus seperti journal yang berfungsi sebagai poros camshaft berotasi dan lobe sebagai penekan klep. Agar bisa berotasi, camshaft dihubungkan dengan crankshaft menggunakan timing gear, timing belt atau timing chain.

2 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.