Mengenal Apa Itu Connecting Rod atau Batang Piston

Sahabat Oto… Dalam bagian mesin setiap mobil terdapat banyak komponen, yang setiap komponen itu memiliki peranan masing-masing. Meskipun memiliki fungsi yang berbeda-beda, namun semua komponen tersebut sama pentingnya.

Salah satu komponen yang berada di dalam mesin setiap mobil adalah connecting rod. Apa sebenarnya Connecting rod ini dan apa fungsinya untuk system yang ada pada mobil.

Connecting rod atau biasa disebut juga dengan Batang Piston merupakan komponen yang menghubungkan piston ke bagian poros engkol. Sistem ini membentuk mekanisme sederhana yang akan mengubah gerak lurus menjadi gerak melingkar.

Gerak lurus ini didapat dari tenaga dari piston yang diperoleh sebagai hasil dari sistem pembakaran untuk diteruskan ke poros engkol menjadi gerak berputar. 

Meski terkesan sederhana tugas dari connecting rod cukuplah berat. Tidak hanya menerima tekanan dari piston, bagian ini juga mendapatkan pembebanan regangan ketika ada langkah hisap dan tekukan saat mengubah gerak lurus menjadi putar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.