Mengenal Apa Itu Engine Mounting

Sahabat Oto… Dengan komponen yang satu ini, mobil bisa menjadi nyaman karena getaran yang ada dari mesin bisa diredam sehingga tidak diteruskan ke dalam kabin. Nama komponen yang sangat penting ini adalah Engine Mounting.

Engine Mounting memiliki fungsi utama untuk menahan getaran mesin, namun selain itu engine mounting juga berfungsi sebagai dudukan pada mesin mobil itu sendiri.

Agar berfungsi secara maksimal, engine mounting harus ditempatkan di area khusus. Umumnya, engine mounting dipasang pada bagian sasis mesin mobil. Hal itu dilakukan agar engine mounting bisa menopang mesin dengan lebih mudah.

Untuk bahan, engine mounting lazimnya dibuat dari karet yang kemudian dilapisi plat baja. Karet sendiri dipilih lantaran sifatnya yang elastis dan kuat menahan getaran. Namun, sekarang sudah banyak engine mounting yang dibuat dari bahan polyurethane.

Bahan polyurethane sendiri punya satu keunggulan dibanding karet. Keunggulan tersebut adalah mampu membuat mobil lebih statis saat berada di tikungan. Sayangnya, engine mounting berbahan polyurethane tak bisa dipakai untuk semua mobil. Hanya mobil tipe sport saja yang cocok dengan engine mounting tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.