Mengenal Jenis-Jenis Pegas pada Sistem Suspensi Mobil

Sahabat Oto.. Pada sistem suspense mobil terdapat dua buah komponen utama yaitu shock absorber dan pegas. Tiap jenis mobil biasanya menggunakan jenis pegas yang berbeda-beda tergantung seperti apa peruntukan mobil tersebut.

Berikut adalah beberapa jenis pegas yang sering ditemukan pada kendaraan.

Pegas daun

Pegas daun lazim digunakan pada kendaraan berpenumpang atau angkutan barang seperti truk atau pick-up. Beberapa jenis mobil MPV (multi-purposed vehicle) keluaran baru juga ada yang menggunakan pegas jenis ini. Salah satu kelebihan pegas daun adalah dapat meredam getaran tanpa harus bergantung pada komponen lain.

Pegas koil

Pegas koil cenderung lebih sering ditemukan pada mobil yang mengutamakan kenyamanan penumpangnya, seperti mobil sedan.Bentuknya melingkar seperti spiral tinggi. Kelebihan pegas koil terletak pada ketahanannya. Pegas ini mampu menahan beban kejut dengan sangat baik.

Pegas batang torsi

Pegas batang torsi terbuat dari batang baja khusus. Meski terbuat dari baja, pegas ini memiliki sifat elastis dan mampu menahan puntiran.Biasanya, ujung batang pegas dipasang di bagian rangka yang tidak menerima puntiran, sedangkan ujung lainnya dipasang menyatu dengan lengan ayun suspensi (lower arm).

Pegas udara

Terakhir ada pegas udara. Pegas udara merupakan pegas yang memanfaatkan udara untuk meredam getaran pada kendaraan. Udara dikompresi dalam sebuah kantong khusus yang tersambung pada lengan suspensi. Dengan begitu, udara yang terkompresi akan bertindak layaknya “bantalan” saat kendaraan mengalami getaran.

31 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.