Mengenal Perbedaan AWD, 2WD, 4WD, RWD, dan FWD

Sahabat Oto… Salah satu yang membedakan mobil yang satu dengan mobil yang lainnya adalah sistem penggerak mobil tersebut, yaitu kebagian ban mana tenaga dari mobil disalurkan.

Kendaraan bermotor tipe 2WD dan 4WD mungkin sudah sering Sahabat Oto dengar. Namun, bagaimana dengan mobil AWD, FWD, dan RWD? Kita bahas satu persatu yah!

Mobil AWD

Tipe AWD adalah all wheel drive yang merupakan salah satu bagian dari 4WD. Sistem penggerak mobil ini menggunakan keempat roda untuk menempuh berbagai medan jalan. Sesuai dengan namanya, mobil dengan penggerak AWD akan mengaktifkan seluruh roda ketika berada di berbagai tipe jalan, entah itu mulus atau bergelombang. Tak heran kalau mobil jenis ini membutuhkan bahan bakar yang relatif lebih banyak daripada lainnya.

Mobil 4WD

Mobil 4WD sering kali disamakan dengan AWD. Padahal, ada perbedaan cukup jelas di antara keduanya. Kalau sistem all wheel drive menggerakkan seluruh roda mobil tanpa bisa diatur, maka pada 4WD jumlah roda yang bergerak bisa diatur jumlahnya. Misalnya, hanya dua roda bagian depan atau belakang, atau justru keempatnya sekaligus.

Mobil 2WD

Maksud dari 2WD adalah two wheel drive atau penggerak mobil dengan tumpuan hanya pada dua roda saja. Mobil tipe ini termasuk yang paling banyak digunakan sekarang ini, baik itu SUV, MPV, maupun sedan. Nah, mobil 2WD ini bakal dibagi lagi menjadi tipe RWD dan FWD. 

Mobil RWD

Jika AWD adalah penggerak empat roda dan menjadi bagian dari 4WD, maka RWD atau rear wheel drive adalah bagian dari 2WD. Tipe mobil ini menggunakan sistem penggerak untuk dua roda saja, yaitu bagian belakang. Pengaturan ini sudah pasti dan tidak bisa diubah lagi menjadi empat roda atau ganti jadi roda depan. Mobil dengan penggerak roda belakang biasanya lebih handal untuk melaju di tanjakan dan mengangkut barang cukup banyak.

Mobil FWD 

Tipe terakhir adalah FWD atau front wheel drive. Jenis mobil ini juga masih jadi bagian dari 2WD, yaitu dengan penggerak dua roda bagian depan saja. Sama dengan RWD, pengaturan FWD sudah pasti dan tidak dapat diubah menjadi 4WD. Alhasil, ketika di jalan, hanya dua roda bagian depan yang akan aktif bergerak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.