Mitsubishi New Colt L300 pakai mesin Euro 4, bagaimana bahan bakarnya?

Pekanbaru (ANTARA) – Salah satu pembaruan yang paling mencolok dari Mitsubishi New Colt L300 adalah mesin diesel yang menggunakan standar emisi Euro 4.

Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, yang menggunakan standar Euro 2, mobil terbaru ini menghasilkan gas buang yang lebih ramah lingkungan dan konsumsi bahan bakar lebih irit.

Tapi, penggunaan mesin diesel standar terbaru ini menimbulkan pertanyaan bagi konsumen, terutama yang tidak tinggal di kota besar, bagaimana dengan penggunaan bahan bakar minyak yang belum tentu tersedia.

Baca juga: Mitsubishi New Colt L300 hadir dengan wajah baru & mesin Euro 4

Baca juga: Alasan L300 pertahankan posisi tuas persneling di leher setir

New Colt L300 (ANTARA/HO)

Direktur Divisi Penjualan dan Pemasaran Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Tetsuhiro Tsuchida menganjurkan konsumen menggunakan bahan bakar minyak sesuai dengan standar spesifikasi Euro 4 supaya performa mobil optimal.

“Kami anjurkan konsumen kalau kondisi memungkinkan harus menggunakan bahan bakar Euro 4,” kata Tsuchida, saat jumpa pers di Pekanbaru, Kamis (28/7).

Bahan bakar yang sesuai dengan standar Euro 4 adalah yang memiliki kandungan sulfur maksimal atau lebih kecil dari 50 ppm. Di Indonesia, jenis yang tersedia antara lain adalah Pertamina Dex.

Jika tidak tersedia, menurut Tsuchida, konsumen bisa menggunakan biosolar dengan catatan perawatan berkala harus lebih diperhatikan karena mesin catalytic converter harus bekerja lebih keras menyaring bahan bakar.

“(Perawatan berkala) harus dilakukan dengan benar. Jadi, jika ada indikasi bagian harus diganti, itu yang dilakukan,” kata Tsuchida.

Soal biaya perawatan, menurut dia, separuh suku cadang New Colt L300 sama dengan model sebelumnya. Suku cadang lainnya pun tidak berbeda jauh dengan mobil model lama, yang menggunakan mesin diesel Euro 2.

Perawatan mobil secara rutin diyakini lebih murah dibandingkan baru melakukannya ketika mobil sudah terlanjur rusak.

Branch Manager diler Mitsubishi Dipo Internasional Pahala Otomotif, Surya Kokanda, menyatakan New Colt L300 paling tidak perlu perawatan berkala setiap dua bulan sekali supaya mobil bisa beroperasi maksimal.

Baca juga: Mitsubishi New Colt L300 jadi incaran ratusan pebisnis di Riau

Baca juga: Mitsubishi perkenalkan New Colt L300 di Riau

Baca juga: Mitsubishi “bawa pulang” New Colt L300 ke Indonesia tahun depan

 

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.