Mitsubishi Triton Ultimate Pakai Mesin Pajero, Seberapa Irit?

Jakarta

Salah satu lini andalan Mitsubishi untuk pick-up double cabin ada Triton Ultimate. Sebagai kendaraan komersial ringan, mobil ini membawa basis mesin yang sama dengan mobil penumpangnya, yakni Pajero Sport.

Yap! Mitsubishi menyematkan mesin diesel canggih berkode 4N15 MIVEC ke Triton Ultimate ini. Mesinnya berkapasitas 2.442 cc, 4-silinder segaris, dan memiliki 16 katup.

Mitsubishi mengklaim tenaga Triton Ultimate ini peak-nya di angka 181 PS pada 3.500 RPM dan torsi 430 Nm pada 2.500 RPM. Data tersebut merupakan figur tenaga dan torsinya yang identik dengan Pajero Sport.

Satu hal yang membedakan mesin dari Triton dan Pajero Sport adalah penyaluran tenaga dari mesin ke roda. Sebab Triton ini dibekali dengan transmisi 6-speed Otomatis, sedangkan Pajero Sport 8-speed.

Kendati berbeda dari transmisi, impresi mesin dari Triton Ultimate ini terasa identik dengan Pajero Sport. Mesinnya terasa smooth di tarikan bawah dan cukup eksplosif saat kita bejek gas lebih dalam tepatnya di tarikan tengah-atas.

Tarikan bawahnya yang sedikit halus ini, rasanya tertolong dengan transmisi 6-speed yang nafasnya panjang. Sehingga kami kerap kali memainkan triptonic-nya saat stop-n-go di perkotaaan.

Konsumsi BBM Mitsubishi Triton UltimateKonsumsi BBM Mitsubishi Triton Ultimate untuk rute dalam kota Foto: Muhammad Hafizh Gemilang / detikOto

Setelah mengetahui spesifikasi dan karakter mesinnya, lantas berapakah konsumsi bbm Mitsubishi Triton Ultimate?

Tim detikOto sudah melakukan pengetesan jangka panjang untuk mencari tahu hal ini. Perlu diketahui selama pengetesan kami menggunakan diesel dengan CN 53 dan berkendara dengan karakter yang dinamis di mode berkendara 2H.

Hasilnya, untuk rute dalam kota dengan jarak tempuh pengetesan lebih dari 50 km dan kecepatan rata-rata 25 km per jam, Mitsubishi Triton dapat mencatatkan angka konsumsi bbm rata-rata 10,4 km per liter.

Sedangkan untuk rute tol, kami melakukan pengetesan di jarak lebih dari 70 km dengan kecepatan rata-rata di angka 80 km per jam. Ternyata Triton Ultimate ini mampu mencatatkan angka konsumsi bbm rata-rata di 12,1 km per liter.

Angka segini tergolong irit untuk sekelas mobil pick-up double cabin. Namun perlu diingat, pengetesan ini dilakukan pula dengan mobil diisi oleh pengendara saja dan tanpa membawa akomodasi di baknya.

Mitsubishi Triton Ultimate menggunakan tangki bbm berkapasitas 75 liter. Artinya jika mengisi bbm jenis Pertamina Pertamina Dex yang harganya Rp 17.400, butuh uang Rp 1.305.000 untuk mengisi tangkinya dari nol ke penuh.

Simak Video “Gagah! Ini Ubahan Interior di Mitsubishi Xpander Cross Baru
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.