Mobil di Atas 1.500 cc Bakal Dilarang Beli Pertalite, Stargazer-Xpander Masih Aman

Jakarta

Mobil-mobil di bawah 1.500 cc kabarnya masih aman untuk bisa mengkonsumsi Pertalite pada September mendatang. Pasalnya, usulan kriteria kendaraan yang tidak lagi bisa beli Pertalite adalah mobil di atas 1.500 cc dan motor di atas 250 cc. Mengacu pada spesifikasi mesin tersebut, ada beberapa model mobil yang mulai September 2022 masih diizinkan untuk membeli Pertalite.

Pertama adalah segmen Low Cost Green Car (LCGC). Segmen LCGC ini dihuni oleh lima model yakni Toyota Agya, Toyota Calya, Honda Brio Satya, Daihatsu Ayla, dan Daihatsu Sigra. Keseluruhan model mobil LCGC memiliki kapasitas mesin di bawah 1.500 cc atau lebih tepatnya 1.200 cc.

Meski begitu, LCGC sebenarnya dianjurkan untuk mengkonsumsi BBM dengan Research Octane Number (RON 92) atau jenisnya sekelas Pertamax, Revvo 92, atau Shell Super.

Beralih ke segmen Low MPV. Hampir seluruh mobil Low MPV punya kapasitas mesin maksimal 1.500 cc, umumnya 1.498 cc atau 1.497 cc. Low MPV terbaru Hyundai Stargazer juga diketahui punya kapasitas mesin 1.497 cc.

Itu artinya, secara spesifikasi Hyundai Stargazer masih diperbolehkan mengkonsumsi Pertalite. Dalam lembar spesifikasi mesin, Hyundai Stargazer diketahui punya kapasitas 1.497 cc. Pun dengan Low MPV lainnya seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, hingga Nissan Livina juga masih bisa ‘minum’ Pertalite.

Segmen selanjutnya adalah Low SUV. Beberapa model Low SUV ini punya kapasitas mesin beragam. Ada yang 1.000 cc turbo, 1.200 cc, dan 1.500 cc. Untuk itu, mobil seperti Daihatsu Rocky, Toyota Raize, Honda HR-V, Daihatsu Terios, Nissan Magnite, hingga Toyota Rush juga masih bisa membeli BBM Pertalite.

Sementara untuk sedan juga ada beberapa model yang secara spesifikasi bisa menenggak Pertalite. Misalnya adalah Honda City, Toyota Vios, Mercedes-Benz A 200 sedan hingga Mazda 2 sedan. Untuk Mazda 2 sedan sendiri, berdasarkan rekomendasi pabrikan memang dianjurkan mengkonsumsi ‘Unleaded fuel RON 90’ alias bensin tanpa timbal RON 90 sekelas Pertalite.

Segmen hatchback, secara spesifikasi juga memenuhi kriteria mesin di bawah 1.500 cc. Contohnya Honda Brio RS, Honda City Hatchback RS, Suzuki Ignis, Suzuki Baleno, sampai Toyota Yaris. Saat ini pemerintah, masih terus menggodok kriteria kendaraan yang berhak menggunakan Pertalite. Meski belum final, diketahui belum ada perubahan terkait kriteria seperti mobil di bawah 1.500 cc dan motor di bawah 250 cc.

Simak Video “Beli Pertalite Wajib Pakai Aplikasi, Kapan Berlakunya?
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.