Mobil Lama Terparkir Di Garasi Perlukah Ganti Oli?

Sahabat Oto… Sementak terjadinya pendemi covid-19 di awal tahun 2020, banyak diantara kita yang terpaksa harus melakukan perkerjaan dari rumah dan memaksa kendaraan kita untuk lebih banyak diam di garasi.

Ketika mobil lama diparkir di rumah saja, maka sebelum kembali digunakan Sahabat Oto harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Utamanya adalah mengecek kondisi baterai atau aki mobil dan juga kondisi oli mesin.

Jika mobil lama tidak digunakan, maka akan terjadi pengendapan oli mesin di bagian bak penampang oli atau carter. Terlebih jika selama mobil parkir tidak pernah dinyalakan sama sekali. 

Ketika oli terlalu lama mengendap di bagian bawah mesin maka fungsinya sebagai pelumas akan berkurang. Jika begitu maka dampaknya akan terasa saat mesin dinyalakan, komponen saling bergesekan tanpa adanya perlindungan dari oli.

Untuk mencegah hal tersebut, panaskan mesin mobil secara rutin minimal 3 hari sekali dengan tujuan untuk menjaga sirkulasi oli di dalam mesin.

Namun meski kondisi oli mobil Sahabat Oto masih normal, namun jika mobil terus parkir dalam waktu yang lama sebaiknya juga dilakukan penggantian oli mesin. Mengingat penggantian pelumas mesin ini tidak hanya berdasarkan jarak pemakaian tetapi juga waktu penggunaan yakni maksimal 6 bulan sekali harus diganti. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.