Mobil Sering Kena Macet? Awas Masalah Ini Menghantui

Jakarta

Kemacetan seolah sudah akrab dengan para pengendara di Tanah Air. Khususnya bagi yang tinggal di Ibu Kota Jakarta, kemacetan sudah seperti makanan sehari-hari.

Tapi kamu tahu enggak, terjebak kemacetan bukan hanya bikin pengendara jadi stress, mobil juga bisa ikutan bermasalah karenanya. Mengutip laman Suzuki Indonesia, mobil yang sering terjebak kemacetan terlebih dalam waktu lama bisa memicu beragam masalah.

Overheat menjadi permasalahan yang sering menghantui mobil terjebak macet. Hal ini lantaran mobil bekerja keras dalam posisi diam hingga membuat mesin terlalu panas. Permasalahan bisa makin parah jika kondisi pada komponen pendingin mesin tidak optimal.

Gejala paling umum ketika mobil overheat adalah tidak dapat berjalan saat digas. Mesin mobil yang terlalu panas juga bisa menyebabkan internal mesin jadi melengkung. Untuk menghindari hal itu cek kondisi komponen pendingin seperti radiator, kipas radiator, sirkulasi air, dan kipas AC masih berfungsi dengan baik.

Masalah kedua adalah komponen rem. Rem berisiko terkena dampak mobil yang sering terjebak dalam kemacetan. Umumnya permasalahan rem ini terjadi pada mobil bertransmisi matic. Hal ini disebabkan sistem kerja mobil matic yang dapat bergerak maju bahkan sekalipun tidak digas. Dengan begitu pengemudi hanya bisa mengandalkan pedal rem untuk berhenti dan mengatur laju kendaraan.

Menurunnya kualitas oli menjadi masalah selanjutnya. Ketika mobil terjebak macet maka kondisinya akan diam. Kalaupun maju, mungkin jaraknya hanya sedikit. Dalam posisi itu, seluruh kinerja mesin tetap bekerja dengan normal dan pada artinya oli mesin akan tetap terus melakukan sirkulasi layaknya mobil sedang berjalan.

Proses pelumasan setiap komponen yang bekerja dan bergesekan tetap berjalan, meskipun jarak tempuh mobil tidak bertambah. Inilah yang menyebabkan oli jadi lebih cepat berkurang kualitasnya dan lebih cepat jenuh.

Tidak lupa, kalau sering terjebak macet sudah tentu penggunaan bahan bakar akan lebih boros. Saat mobil menyala, tetap membutuhkan bensin agar mesin bisa terus bekerja. Alhasil, pengeluaran kamu juga bakal ikut membengkak.

Untuk itu, bila mobil sering terjebak macet tidak ada salahnya kamu juga lebih aktif untuk pergi ke bengkel guna mengecek kondisinya. Bukan tidak mungkin ada komponen yang harus diganti meski belum waktunya lantaran masa pakai sudah habis.

Simak Video “Catat! Ini Jam-jam Rawan Macet di Jakarta saat Ramadan
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.