Mobil Terendam Banjir, Ini Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan

Sahabat Oto… beberapa hari yang lalu hingga saat ini beberapa daerah di Indonesia masih diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi sehingga beberapa daerah dilanda banjir.

Banjir merupakan salah satu kondisi yang cukup berbahaya bagi kendaraan Sahabat Oto karena jika penangannya tidak tepat, banjir bisa merusak sejumlah komponen termasuk sektor mesin yang tentunya sangat vital.

Kalau kendaraan Sahabat Oto terkena banjir atau terpaksa melinbtasi genangan yang cukup tinggi hingga melebihi batas ban, maka kendaraan sahabat oto perlu segera dibawa ke bengkel untuk dilakukan pengencekan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah.

Beberepa hal perlu Sahabat Oto perhatikan ketika kendaraan Sahabat Oto terendam banjir.

Jangan pernah menyalakan kendaraan 

Setelah kendaraan terendam banjir, jangan sekali-kali untuk langsung menyalakan (starter) kendaraan. Netralkan transmisi dan rem tangan, dorong ke tempat yang aman atau derek kendaraan ke bengkel terdekat untuk mendapatkan perawatan.

Air bisa saja masuk ke ruang mesin serta mengganggu sistem kelistrikan, dikhawatirkan bisa menyebabkan terjadinya water hammer atau konsleting.

Bersihkan Kendaraan dari Lumpur

Setelah kendaraan di bawa ke bengkel atau di tempat yang aman, bersihkan seluruh lumpur atau kotoran sisa banjir. Ada baiknya untuk melepaskan seluruh interior kendaraan untuk dibersihkan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemeriksaan lanjutan (terutama sistem kelistrikan) pada kendaraan.

Cek kelistrikan

Periksa seluruh sistem kelistrikan pada sisi dalam kendaraan dan di ruang mesin. bersihkan seluruh konektor kabel dan part terkait dari lumpur dan air yang terjebak. Keringkan agar tidak berkerak, karena jika berkerak maka akan merusak kabel dan part-part kelistikan pada kendaraan.

Cek Saluran bahan bakar

Lakukan pemeriksaan pada saluran bahan bakar mulai dari tangki hingga ke bagian injector/karburator, pastikan tidak tercampur dengan air. Untuk memastikan alangkah lebih baiknya untuk menguras tangki bahan bakar dan mengganti dengan bahan bakar baru. Pastikan juga tidak ada kebocoran pada tangki BBM.

Kuras dan Ganti Oli Mesin

Oli yang bercampur dengan air akan menurunkan kualitas oli tersebut dan hal ini akan menyebabkan pelumasan tidak berjalan dengan maksimal. Periksa oli melalui stick oli, bila tercampur air, menguras oli wajib dilakukan dengan menggunakan engine flush agar sisa air terbawa keluar.

Filter udara pun wajib diganti dan saluran udara terbebas dari air agar tidak ada lagi yang kembali masuk ke ruang mesin.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.