Mobil yang Dipakai Ratu Elizabeth II Saat ke Indonesia Disambut Ali Sadikin

Jakarta

Ratu Elizabeth II wafat dalam usia 96 tahun. Sang Ratu yang bertakhta selama 70 tahun sudah pernah berkunjung ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Dikutip dari Jaringan Informasi Kearsipan Nasional, Ratu Elizabeth II dengan suaminya Pangeran Philip berkunjung ke Indonesia pada 14 Maret 1974. Ratu Elizabeth II yang dikenal bangga buatan mobil Inggris juga tercermin saat di Indonesia.

Saat itu, Ratu Elizabeth II beserta rombongan menjadi tamu negara Indonesia. Mereka disambut oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin.

Momen kedatangan Ratu Elizabeth II ke Indonesia juga dibagikan oleh akun instagram @merekamjakarta. Ratu terlihat bercengkrama dengan Ali Sadikin. Lalu potongan video hitam putih itu berlanjut saat Ratu Elizabeth II kemudian duduk di dalam mobil buatan Inggris, Rolls-Royce.

Dilihat dari buritannya, Rolls-Royce yang ditumpangi Ratu Elizabeth II merupakan model Phantom VI series, ini merupakan seri lanjutan dari Phantom V. Terlihat dari lampu headlight dengan mata empat.

Mereka kemudian dijamu oleh Presiden kedua RI, Soeharto dan istrinya, Siti Hartinah (Tien Soeharto) dalam acara resepsi kenegaraan di Istana Negara.

President General Suharto of Indonesia and his wife Madame Tien Suharto, with Queen Elizabeth II and the Duke of Edinburgh at Buckingham Palace before a State banquet in their honour.   (Photo by PA Images via Getty Images)Momen Ratu Elizabeth, dan Pangeran Philips bertemu Presiden Soeharto dan Ibu Tien di Indonesia Foto: PA Images via Getty Images/PA Images

Hari ini, 48 tahun setelah kunjungan itu, Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Akun Twitter The Royal Family mengabarkan Ratu Elizabeth menghembuskan nafas terakhirnya di Balmoral.

Ratu Elizabeth II sempat berada di bawah pengawasan medis di Balmoral, Skotlandia. Pengawasan dilakukan usai dokter istana menyatakan kekhawatiran atas kesehatan Ratu Elizabeth.

“Menyusul evaluasi lebih lanjut pagi ini, para dokter Ratu mengkhawatirkan kesehatan Yang Mulia dan merekomendasikan dia untuk tetap berada di bawah pengawasan medis,” kata sebuah pernyataan Istana seperti dilansir BBC, Kamis (8/9).

“Sang Ratu tetap nyaman dan berada di Balmoral,” sambung pernyataan itu.

Ratu Elizabeth dan dunia otomotifnya

Semasa hidupnya, Sang Ratu dilaporkan sangat mencintai Land Rover Defender 2002 110 TD5. Bahkan saat generasi terbaru Defender keluar, Land Rover memberikan Defender 130 ke Palang Merah Inggris untuk sebagai perayaan ulang tahun ke-75 Ratu Elizabeth II sekaligus menghormati hubungan baiknya dengan mobil off-road kotak itu.

Ratu Elizabeth II diketahui memiliki beberapa koleksi mobil Bentley, termasuk yang teranyar Bentayga dan juga Arnage yang berbasis limosin.

Rolls-Royce Phantom yang juga sering terlihat mengantar sang Ratu berpergian. Masih ada banyak lagi tentunya mobil Inggris yang menjadi kebanggan seperti Range Rovers, Vauxhall, dan Aston Martin. Meski menyandang status sebagai ratu dari kerajaan, Elizabeth II tak melulu berpergian dengan sopir.

Simak Video “Langkah yang Harus Dilalui Charles Ketika Jadi Raja Inggris
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.