Motor Ducati Punya Spoiler di Belakang, Buat Apa?

Jakarta

Ada yang baru di motor MotoGP Ducati. Pabrikan Italia itu kembali menjadi pionir dalam menyematkan perangkat baru di motor MotoGP. Kini, motor MotoGP Ducati punya semacam spoiler di belakang.

Sepanjang sesi latihan bebas Jumat kemarin di Silverstone, Inggris, Ducati mengirim Enea Bastianini dan Jorge Martin untuk menguji satu set ‘sayap’ di bagian belakang motor. Konfigurasi pada kedua motor sedikit berbeda, belum jelas apa niat Ducati dengan pengembangan terbaru ini.

Dikutip Autosport, kemungkinan Ducati bertujuan mencari lebih banyak beban di bagian belakang untuk membantu di tikungan.

Usai mencoba aerokit baru tersebut, Jorge Martin mengatakan dia bisa mendapatkan kecepatan tertinggi dengan aero baru. Namun, Martin mengaku kehilangan kelincahan.

“Yah, mereka bukan hanya sayap, itu juga fairing depan,” kata Martin.

[Gambas:Instagram]

“Tapi hal besar yang Anda lihat adalah bagian belakang. Saya tidak bisa memberi tahu Anda banyak, saya mencoba di sore hari dan saya tidak begitu cepat di sore hari ketika saya mencoba fairing. Jadi, secara umum saya tidak tahu. Kami perlu menganalisis dan memahami apakah kami harus menyimpannya atau mengeluarkannya.”

Martin mengaku merasa sedikit lebih sulit dalam mengubah arah. Tapi, melaju di trek lurus lebih baik.

“Pada akhirnya, ini adalah keseimbangan dan kami perlu memahami sisi mana yang harus kami tuju,” katanya.

Sementara Bastianini mencatat bahwa ia memperoleh stabilitas yang lebih baik saat pengereman. Dia menilai perangkat ini bagus untuk sesi kualifikasi.

“Besok, kami harus mencoba untuk mengetahui apakah itu lebih baik atau tidak, karena saya harus kembali ke yang normal dan setelah kami mencobanya lagi karena penting untuk memahami apakah itu lebih baik atau tidak.”

“Tapi kesan pertama saya adalah lebih baik saat pengereman, lebih stabil, dan juga untuk kecepatannya tidak buruk. Saya pikir untuk besok itu bagus untuk kualifikasi.”

“[Ducati berkata] di bagian ini [itu akan membantu saya]. Saya pikir pengereman adalah titik terkuat dari sayap ini,” pungkas Bastianini.

Simak Video “MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.