Negara Ini Minat Impor Bus Laksana, Modelnya Legacy SR3?

Jakarta

Produk-produk bus karoseri Laksana tidak hanya diminati pasar dalam negeri. Beberapa model bus Laksana juga diekspor ke sejumlah negara.

Laksana mengklaim dalam waktu dekat ini pihaknya bakal mengekspor lagi bus-bus buatannya. Bus tersebut akan dikirim ke Bangladesh. Apakah model yang diekspor termasuk seri terbaru Legacy SR3?

“Kita ada rencana, dalam waktu dekat akan ada pengiriman unit ke Bangladesh lagi. Memang kemarin pandemi, semua pada dasarnya industri transportasi di dunia itu mandek (berhenti). Jadi ini pandemi udah berangsur-angsur mereda, sudah mulai jalan. Di Bangladesh juga udah mulai, jadi kita akan mulai ngirim, tapi masih yang model SR2,” bilang Technical Director Laksana, Stefan Arman di arena GIIAS, ICE-BSD City, Tangerang.

“(Untuk ekspor SR3) kita tunggu tanggal mainnya ya. Ada beberapa yang sudah interested (tertarik), tapi terus terang itu hanya untuk (perusahaan otobus) lokal,” sambung Stefan.

Sebagai informasi, Laksana telah mengekspor bus sejak 2009 hingga sekarang. Tercatat Laksana sudah mengekspor lebih dari 200 unit produk bus. Adapun model bus buatan Indonesia yang diekspor Laksana antara lain Nucleus, Discovery, City Line, Legacy SR2 XHD Prime, hingga Legacy SR2 Double Decker.

Pada 2019 lalu, Laksana mengekspor 4 unit bus Legacy SR2 XHD Prime ke Bangladesh. Laksana Legacy SR2 XHD Prime merupakan bus yang biasa dipakai untuk perjalanan jarak jauh. Model bodi bus ini juga bisa mengadopsi berbagai sasis, termasuk sasis triple axle atau sasis tronton.

Laksana Legacy SR2 XHD Prime memiliki ciri khas berupa kaca ganda (double glass) dan desain atap mengambang yang modern. Khusus untuk unit bus yang diekspor ke Bangladesh, tidak memiliki pintu di bagian belakang atau bagian tengah. Jadi pintunya hanya ada di bagian depan.

Setelah mengimpor Legacy SR2 XHD Prime, setahun berikutnya Bangladesh kembali mengimpor bus buatan Laksana. Pada 2020 lalu, Bangladesh membeli 10 unit bus tingkat Laksana Legacy SR2 Double Decker, dengan spesifikasi khusus.

Secara dimensi, bus tingkat Laksana yang diekspor ke Bangladesh memiliki panjang 14,4 meter, tinggi 4,1 meter, dan lebar 2,5 meter. Unit ekspor ini lebih panjang hampir satu meter dari Legacy SR2 Double Decker yang dijual di Indonesia.

Simak Video “Fresh dan Mewah! Wujud Bus Laksana Legacy SR3
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.