Ngecas Mobil Listrik Nggak Harus Tunggu Baterai 0%

Jakarta

Para pengguna mobil listrik bisa belajar dari pengalaman sopir taksi yang menggunakan armada listrik. Satu hal yang bisa dipelajari dari mereka adalah, soal waktu pengecasan. Mengisi ulang daya mobil listrik tidak perlu menunggu baterai sampai benar-benar habis 0%.

Hal itu diungkapkan oleh Executive Vice President Pemasaran dan Pengembangan Produk PT PLN (Persero), Hikmat Drajat, saat menjadi pembicara pada sebuah forum diskusi di arena Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 JIExpo, Kemayoran, Jakarta (27/7/2022).

Menurut Hikmat, dari pengalamannya melihat perilaku sopir taksi saat mengecas mobil listrik di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) milik PLN, mereka tidak mengecas mobil saat kondisi daya baterainya sudah sekarat. Mereka melakukan pengecasan saat kondisi baterai masih cukup penuh.

“Rata-rata pengendara mobil listrik, itu ngecasnya cukup 10 menit. Saya sudah perhatikan, saya ke Gambir, ke Kebayoran Baru yang ada charging station-nya. Kadang-kadang saya ngobrol dengan taxi driver (sopir taksi), dan fenomenanya itu tidak dari 0 (%), jadi ketika dia baterainya 70% dia mampir (ke SPKLU). ‘Pak, kenapa baterai 70% mampir?’, ‘Ah saya ngisi 10 menit sudah jadi 80%-90%, aman’. Jalan lagi itu mobil,” kata Hikmat.

“Jadi fenomena paling bagus untuk diamati adalah taksii driver, karena dia yang paling mobile. Itu tidak usah khawatir soal cepat atau lambat (saat proses pengecasan), karena fenomenanya akan ada di dalam diri kita seperti kita memakai handphone,” sambung Hikmat.

Hikmat menjelaskan pengguna mobil listrik tidak perlu takut baterai mobil listriknya rusak karena diisi ulang saat dayanya masih banyak. Sebab teknologi baterai saat ini sudah semakin canggih.

“Kalau baterai zaman dulu kan harus 0% dulu baru ngecas. Sekarang tidak. Teknologi baterai kita itu sekarang, 80% dicas lagi tidak akan apa-apa. Jadi kembali lagi bahwa, waktu pengecasan itu tidak lagi menjadi problem. 10 menit, 15 menit, kelar,” tambah Hikmat.

Jika ingin mengecas baterai mobil listrik dengan kondisi daya baterai sudah mau habis, maka cocoknya dilakukan di rumah. Terlebih masih ada program diskon tarif 30% dari PLN bagi pengguna mobil listrik yang mengecas kendaraannya di rumah pada jam-jam tertentu.

“Tapi ada yang paling bagus, ngecas itu malam hari di rumah. Ketika kita pulang ke rumah, daripada nganggur, mobilnya dicas. Dan PLN memberikan diskon overnight charging sebesar 30%, dari jam 10 malam sampai 5 pagi,” bilang Hikmat.

Simak Video “Catat! Berikut Biaya dan Cara Ngecas Mobil Listrik di SPBU Shell
[Gambas:Video 20detik]
(lua/dry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.