Ngeri Banget, Ini Bahayanya Liburan Naik Bak Mobil Pikap sampai Atap Mobil

Jakarta

Momen libur Lebaran seperti saat ini banyak dimanfaatkan warga untuk berlibur ke tempat wisata. Namun, jamak ditemui masyarakat yang berlibur naik mobil pikap atau bak terbuka sampai duduk di atap mobil.

Saat detikcom menuju daerah Bandung dan Cianjur selama libur Lebaran pekan ini, beberapa kali ditemui mobil pikap yang dipakai untuk mengangkut penumpang. Bahkan, mobil pikap itu dipasang tenda-tenda untuk menghalau panas dan hujan.

Tak cuma itu, ada juga warga yang berlibur ke tempat wisata menggunakan mobil besar seperti microbus. Tapi saking penuhnya, sampai ada yang duduk di atap mobil microbus tersebut.

Warga Liburan Naik Mobil Bak Terbuka sampai AtapWarga Liburan Naik Atap Mobil Foto: Rangga Rahadiansyah/detikcom

Menurut praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI),SonySusmana, hal seperti itu sangat mengancam nyawa. Sebab, banyak kecelakaan yang melibatkan mobil hingga terbalik.

“Banyak kejadian mobil pikap terbalik, selip atau bahkan hanya lewat jalan bumpy (bergelombang), penumpangnya mental-mental terlempar keluar,” ujar Sony kepada detikcom, Kamis (5/5/2022).

“Nah kalau di atas atap mobil? Sudah licin, tidak ada pegangannya, pasti gampang terpeleset jatuh atau bahkan terkena sangkutan ranting pohon atau kabel listrik,” sebutnya.

Sony menegaskan, mobil pikap tidak didesain untuk mengangkut manusia, melainkan untuk barang. Sebab, penumpang harusnya duduk di kendaraan sesuai kapasitas jok dan jumlah sabuk pengamannya. Penumpang harus duduk di masing-masing kursi dan terikat dengan aman menggunakan safety belt.

Begitu juga ketika duduk di atas atap mobil. Bahaya bisa mengintai jika sewaktu-waktu mobil mengerem mendadak, mengalami body roll atau guncangan.

“Tidak ada alasan apa pun di atas keselamatan. Hanya tanggung jawab dan pemahaman dari masing-masing kita yang mampu menghindari bahaya-bahaya tersebut,” sebutnya.

Simak Video “Taman Air Sabda Alam di Garut Bisa Buat Rekomendasi Libur Lebaran Nih
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.