Nggak Perlu Repot Turun Mobil, Begini Cara Tahu Posisi Tutup Tangki Bensin

Jakarta

Posisi tutup tanki mobil berbeda-beda, ada yang di kanan dan ada juga yang di kiri. Kalau mau tahu di mana posisi tutup tanki saat isi bensin sebenarnya tak usah turun dari mobil, soalnya ada petunjuk yang berlokasi di panel indikator BBM.

Mungkin ada sebagian dari kamu yang masih bingung dimana posisi tangki ketika berada di SPBU. Bahkan untuk memastikan posisi tangki supaya tidak terbalik, ada yang harus turun dari mobil lebih dulu.

Pasalnya, tidak semua mobil punya posisi tangki yang sama. Sebenarnya, ketika salah posisi tangki dan hendak mengisi bensin beberapa selang nozzle di SPBU masih bisa ditarik ke arah tangki berlawanan.

Posisi tutup tangki bensin juga sebenarnya bisa kamu cari tahu di dalam buku manual mobil. Namun tidak semua pengendara membaca buku manual lebih dahulu sebelum berpergian. Apalagi kalau kita tengah berkendara menggunakan mobil kantor, rental, atau mobil pinjaman.

Perlu diketahui, cara mengetahui posisi tangki sebenarnya sangat mudah. Pabrikan sudah membuat penanda posisi tangki di dalam instrumen klaster.

Kamu tinggal melihat gambar menyerupai dispenser SPBU bensin di instrumen klaster. Nah di sebelah gambar disepenser SPBU itu terdapat tanda panah atau segitiga berukuran kecil. Tanda panah itu menunjukkan posisi pintu tanki BBM.

Indikator Bensin pada MobilIndikator Bensin pada Mobil. Tanda segitiga mengarah ke kiri, berarti tutup tanki bahan bakar ada di kiri Foto: Getty Images/iStockphoto/hauged

Kalau berada di kanan, artinya posisi tangki juga di kanan. Pun sebaliknya, kalau posisi tanda panah di kiri berarti posisi tangki juga di kiri. Mengetahui posisi tangki ini sangat penting diketahui pengendara, terlebih bila mobil yang dikendarai bukan miliknya. Kamu juga tidak perlu repot-repot untuk keluar dari mobil untuk memastikan posisi tangki.

Nah kalau posisi tutup tangki bensin sudah tahu maka kamu juga harus tahu cara membuka tangki bensin. Mengutip laman Auto2000, ada beberapa cara berbeda membuka tangki bensin. Pertama dengan menekan kap tutup bensin.

Lewat cara ini, kamu hanya tinggal menekan tutup tangki bensin dan akan terbuka secara otomatis. Umumnya, membuka tangki bensin dengan cara ini terdapat pada mobil modern.

Ada juga beberapa tangki bensin yang dibuka dengan cara menekan tombol. Biasanya posisi tombol bisa kamu temukan di sekitar dashboard.

Cara ketiga adalah dengan menarik tuas. Tidak berbeda jauh dengan menekan tombol, kamu hanya menarik tuas dan tutup tangki bensin akan terbuka dengan sendirinya.

Simak Video “Bahaya! Mobil Terlalu Lama Diam, Sebaiknya Tangki BBM Tidak Kosong
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.