Nostalgia Suzuki Baleno, Dulu Sedan Sekarang Jadi Hatchback

Jakarta

Ada beberapa mobil legendaris di Indonesia yang masih hidup hingga saat ini. Salah satunya adalah Suzuki Baleno. Sudah menginjak usia 27 tahun, Suzuki Baleno masih eksis menghiasi pasar otomotif Tanah Air meski digempur para pendatang baru.

Kilas balik ke belakang, Suzuki Baleno pertama lahir pada tahun 1995. Saat itu, wujud Baleno masih berupa sedan. Suzuki Baleno generasi pertama itu mengusung mesin 1.600 cc berteknologi fuel injection. Tidak banyak varian yang dihadirkan Suzuki pada Baleno. Baleno kala itu ditawarkan dalam pilihan transmisi manual 5 percepatan.

Lima tahun setelahnya, Suzuki mendandani tampang Baleno dengan sejumlah ubahan. Dari tampang, mesin, hingga penyematan beberapa fitur di dalamnya. Mesinnya kala itu berkapasitas 1.500 cc. Pada tahun 2000 itu pula Baleno sudah memiliki fitur tilt steering, central lock, power steering, dan head unit double DIN. Tahun 2002, Suzuki mempercantik Baleno dengan mengubah desain pelek serta grille menjadi lebih sporty.

Transformasi Baleno tidak berhenti sampai di situ. Suzuki mengenalkan Baleno generasi kedua yang ‘hidup’ selama 2003-2007. Baleno generasi kedua ini diberi nama Next-G karena banyak ubahan yang disajikan. Interiornya terasa lebih modern. Kabin didesain lebih luas dibandingkan generasi perdana.

Suzuki New BalenoSuzuki Baleno hatchback. Foto: Agung Pambudhy

Fitur kesalamatan pun ditingkatkan dengan penyematan sistem pengereman ABS, EBD. Baleno generasi kedua juga sudah memiliki varian otomatis. Di generasi kedua, Suzuki Baleno itu terlihat makin modern.

Tahun 2008, Suzuki Baleno makin modern lagi. Hal itu bisa dilihat dari desain lampu utama yang memanjang hingga bagian fender dan kap mesin. Bodi mobil terlihat lebih membulat bahkan menyerupai Baleno generasi pertama. Baleno generasi ketiga ini masih mengandalkan mesin M15A. Namun, pada tahun 2010 Suzuki memutuskan untuk menghentikan penjualan Baleno seluruh generasi melihat adanya pergeseran tren.

Tujuh tahun berselang, tepatnya pada 2017 Suzuki mengenalkan Baleno dengan konsep terbaru, wujudnya berubah. Kalau dulu Baleno identik dengan sedan, pada generasi terbaru ini berubah menjadi sebuah hatchback.

Selain wujud yang berubah, Baleno terbaru menggendong mesin K14B bertenaga 92,4 PS pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.200 rpm. Tampilan Baleno facelift ini benar-benar berubah. Ada juga fitur Auto Climate Control yang disematkan. Berlanjut tahun 2019, Suzuki kembali mengenalkan generasi terbaru Baleno.

Mesinnya masih sama, namun tampilannya sedikit dipercantik dengan penambahan lampu depan LED proyektor dan desain fog lamp berbeda. Pada bagian interior, New Baleno facelift ini datang dengan nuansa kabin berwarna abu gelap yang lebih elegan serta memprioritaskan kenyamanan pengemudi dengan adanya tuas yang dapat mengatur tinggi rendahnya posisi jok sehingga lebih ergonomis.

Kini, Suzuki tengah bersiap meluncurkan Baleno versi terbaru lagi. Kabarnya, Suzuki Baleno anyar siap meluncur di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Simak Video “Sporty! Ini Tampilan Suzuki New Baleno Dengan 6 Fitur Baru
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.