Palisade Pakai Sasis Monokok, Pajero-Fortuner Pakai Ladder Frame, Apa Bedanya?

Jakarta

Hyundai Palisade dan Mitsubishi Pajero Sport – Toyota Fortuner menggunakan jenis sasis yang berbeda. Palisade menggunakan sasis tipe monokok, sedang Mitsubishi Pajero Sport – Toyota Fortuner menggunakan sasis jenis ladder frame. Apa perbedaan kedua jenis sasis tersebut?

Dijelaskan Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Bonar Pakpahan, sasis ladder frame dan sasis monokok punya keunggulan masing-masing.

Secara umum, sasis ladder frame menggunakan rangka dan bodi yang terpisah, yang kemudian disatukan. Sasis jenis ladder frame bikin tampilan mobilnya jadi lebih gagah, karena ground clearance yang tinggi. Sasis ladder frame juga dikatakan lebih andal dalam membawa beban berat.

New Hyundai PalisadeNew Hyundai Palisade Foto: Dok. Hyundai Motors Indonesia (HMID)

“Kalau bicara keunggulan, sasis ladder frame itu punya kemampuan menahan beban yang besar. Maka itu sasis ini banyak dipakai di truk-truk dan pikap,” kata Bonar beberapa waktu lalu.

Keunggulan kedua, sasis ladder frame diklaim memiliki redaman yang lebih baik karena frame sama bodi terpisah. Jadi vibrasi akibat pergerakan suspensi itu tidak terlalu tersalurkan ke kabin. Secara umum, sasis ladder frame getarannya akan lebih halus.

Sementara untuk sasis monokok, menurut Bonar memiliki keunggulan dari desain yang ringkas dan bobot lebih ringan, karena rangka dan bodi jadi satu kesatuan.

Mitsubishi Pajero Sport FaceliftMitsubishi Pajero Sport Foto: Dok. MMKSI

“Kalau monokok dibandingkan dengan ladder frame–dibanding ukuran yang sama–bodi monokok itu lebih ringan. Kalau lebih ringan, otomatis itu akan berpengaruh pada beberapa aspek, seperti konsumsi bahan bakar, karena si mesin tidak harus mendorong beban yang berat,” lanjut Bonar.

Keunggulan kedua bodi monokok adalah dari segi performanya. Dengan bodi lebih enteng, juga akan berpengaruh dari segi akselerasi yang lebih cepat.

Simak Video “Makin Sangar! Ini Wujud Hyundai New Palisade Terbaru
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.