Pantas Jadi SUV Paling Laris di Kelasnya…

Jakarta

Pada saat kami mengetes Hyundai Creta Prime, kami bilang bahwa ‘ini SUV paling menarik di kelasnya’. Namun saat itu, Honda belum meluncurkan HR-V terbaru.

Setelah HR-V datang, penilaian kami jadi berbeda. Sebab Honda seakan mengeluarkan ‘ulti’ yang langsung bikin galau calon pembeli di kelas ini. Lantas, seberapa menarik HR-V terbaru?

Honda HR-V SEHonda HR-V SE memiliki dimensi khas medium SUV Foto: Muhammad Hafizh Gemilang / detikOto

Desainnya Berkelas

Honda HR-V yang dites oleh tim detikOto merupakan tipe SE. Secara garis desain, model SE ini identik dengan dua tipe di bawahnya, namun berbeda dari HR-V Turbo RS.

Dari bagian depan, tampang Honda HR-V SE ini tampil maskulin model grille baru beraksen horizontal. Garis di grille bagian atas mengalir sampai lampu utama di kiri dan kanan. Lampu depan Honda HR-V ini pun tampil lebih keren.

Sementara jika dilihat dari samping, garis desain HR-V terbaru juga lebih mewah. Tarikan garis dari kap mesin mengalir melewati handle pintu sampai ke lampu belakang.

Kesan kekar ala mobil-mobil SUV juga digambarkan dengan over fender yang tegas, begitu juga skirt yang tebal menambah kesan gagah pada Honda HR-V.

Di bagian belakang, tampilannya pun lebih keren daripada pendahulunya. Lampu belakang mengalir secara horizontal yang dipisahkan dengan logo Honda. Garis atapnya pun mengalir seperti sebuah mobil coupe.

Honda HR-V SEKokpit Honda HR-V SE Foto: Muhammad Hafizh Gemilang / detikOto

Masuk ke kabinnya, HR-V mengusung bahasa desain Honda terbaru. Ada sentuhan rasa Civic generasi terbaru untuk perpaduan warnanya dan juga layout kokpitnya.

Untuk test driver detikOto yang punya tinggi 175 cm, duduk di kabin belakangnya terasa cukup lega di area kaki, namun terbatas ruang kepalanya. Hal tersebut lantaran atap HR-V cukup rendah.

Hal lain yang cukup mengganggu di kabin belakangnya adalah arm rest yang tidak ada stopper-nya alias letoy. Selain itu, panoramic roof dari HR-V pun kurang praktis untuk dibuka-tututp.

Duduk di depan dan menikmati kokpitnya, rasanya lebih menyenangkan ketimbang di belakang. Tampilannya classy, namun berpadu sentuhan futuristis.

Banyak detail yang menarik di mobil ini, mulai dari tuas pengaturan buka-tutup ventilasi AC yang berbentuk knob. Lalu ada ornamen horizontal di atas glove box, hingga pemilihan aksen piano black yang membuat kabinnya tampak mewah.

Honda HR-V SEBagasi Honda HR-V SE tergolong besar di kelasnya Foto: Muhammad Hafizh Gemilang / detikOto

Well secara desain jelas Honda HR-V ini percaya diri untuk melawan Hyundai Creta. Tampilannya modern, segar, dan futuristis.

Namun untuk urusan fitur di dalam kabin, HR-V masih cukup tertinggal dari Creta. Beberapa fitur hadir di Creta, namun absen di HR-V seperti pengecasan nirkabel, ventilated seat, hingga ionizer.

[Halaman Berikutnya: Mesin dan Konsumsi Bahan Bakar Honda HR-V SE]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.