Pengemudi Ingin Ada Batas Kecepatan Maksimal Saat Kondisi Hujan

Suara.com – Sebuah jajak pendapat di Inggris menemukan bahwa banyak pengendara setempat yang menginginkan adanya batas kecepatan di jalan raya saat hujan.

Dalam survei yang dilakukan oleh Royal Automobile Club atau RAC terhadap 2.100 responden pengemudi menemukan bahwa 72 persen menginginkan batas kecepatan di bawah 113 km per jam saat musim hujan atau kondisi jalan basah.

Melansir Carscoops, lebih dari 75 persen pengemudi merasa kebijakan yang diusulkan ini akan mendorong pengemudi untuk memperlambat kendaraannya.

Sedangkan lebih dari 75 persen merasa bahwa kebijakan ini akan menyelamatkan nyawa, dan hampir 66 persen lainnya merasa mampu meningkatkan visibilitas dengan berkurangnya empasan air dari kendaraan lain.

Baca Juga:
Akan Dipasarkan Segera di Tanah Air, All-New Nissan LEAF Siap Diorder Mulai Rp649 Juta

Ilustrasi speedometer mobil. [Shutterstock]
Ilustrasi speedometer mobil, menunjukkan kecepatan kendaraan real-time [Shutterstock]

Menanggapi hasil survei yang dilakukan, juru bicara RAC, Rod Dennis mengatakan, secara statistik, Inggris memiliki beberapa jalan raya teraman di Eropa.

Namun dari hasil yang ditemukan, belum ada penurunan angka kecelakaan signifikan saat kondisi hujan atau jalann basah sejak 2012.

Jadi timbul berbagai pendapat untuk membuat kebijakan berbeda demi menurunkan angka kecelakaan.

“Jalan licin masih menjadi 10 penyebab utama tabrakan di jalan raya dan berkontribusi pada sejumlah besar cedera serius dan bahkan kematian setiap tahun. Walaupun tidak sedikit pengemudi yang sudah menyesuaikan kecepatan saat hujan,” jelas Rod Dennis.

Adapun batas kecepatan yang akan diinginkan dari hasil survei, adalah 33 persen pengemudi menginginkan kecepatan maksimal adalah 97 km per jam, sementara 17 persen menginginkan 105 km per jam.

Baca Juga:
Kemenperin PowerAce Digimodz 2021, Lomba Desain Kendaraan Listrik Roda Tiga bagi UMKM

Sebagai perbandingan, Prancis menetapkan batas kecepatan maksimal 110 km per jam dalam kondisi jalan basah atau licin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.