Penonton MotoGP Bisa Penuhi Tribun Lagi Seperti Masih Ada Rossi, tapi….

Jakarta

Jumlah penonton MotoGP belakangan menjadi sorotan. Tercatat, jumlahnya terus menurun, terlebih setelah Valentino Rossi memutuskan pensiun. Pebalap Mooney VR46 Luca Marini turut memberikan komentarnya soal menurunnya jumlah penonton.

Bagi adik Valentino Rossi itu, karena saat ini MotoGP banyak diikuti pebalap muda maka butuh waktu untuk bisa meraih simpati dari para penggemar.

“Pertunjukkan (MotoGP) masih bagus dan kami punya karakter sendiri. Tapi perlu diingat semua pebalap di MotoGP masih muda-muda. Kami hanya perlu menunggu waktu yang pas untuk bisa meraih hati seluruh penggemar. Dan dalam beberapa tahun ke depan, tribun akan penuh lagi,” kata Marini dikutip Speedweek, Rabu (14/9/2022).

Marini juga terkesan tidak terima bila jumlah penonton MotoGP disebut kalah banyak dari ajang Superbike. Justru kata Marini, tribun penonton Superbike lah yang kosong.

“Tidak ada banyak orang yang datang. Saya ke Misano untuk menonton, dan tribunnya kosong,” jelas Marini lagi.

Tontonan yang disajikan MotoGP disebut membosankan karena minimnya aksi salip menyalip oleh para pebalap. Minimnya aksi itu justru tidak terlihat di Superbike.

“Kami tidak melakukan kesalahan karena kami merupakan pebalap terbaik di dunia, kami juga memiliki ban serta motor sempurna. Dari pandangan saya, level MotoGP itu dalam segala hal berada di paling atas,” tambah Marini.

“Saya rasa MotoGP menawarkan pertunjukkan yang sangat baik. Kalau kita melihat ke balakang, mungkin hanya menyenangkan karena ada dua atau tiga pebalap yang bertarung di depan setiap balapan. Maka dari itu para fans hanya mengikuti mereka saja dan tidak mempedulikan yang lain. Sekarang, setiap pebalap bisa menang balapan, ini membuat fans jadi terbagi. Dukungan itu tidak hanya untuk satu pebalap saja,” pungkas Marini.

Balapan MotoGP 2023 Pakai Format Sprint Race

Sekadar informasi, mulai tahun depan balapan MotoGP bakal menggunakan format Sprint Race. Ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk bisa menarik penonton lebih banyak lagi.

Adapun dengan format Sprint Race memiliki prosedur grid 15 menit, dan aturan balapannya akan sama dengan balapan Grand Prix utama pada hari Minggu. Untuk mengakomodasi Sprint Race, format akhir pekan MotoGP akan sedikit diubah. Dua sesi latihan tetap berlangsung pada hari Jumat, tetapi akan diperpanjang. Hasil gabungan FP1 dan FP2 akan menentukan siapa yang lolos ke sesi kualifikasi 2 atau harus melalui kualifikasi 1 dulu. Pada Sabtu pagi, sesi latihan bebas 3 berlangsung selama 30 menit sebelum kualifikasi. Peran FP3 ini akan sama seperti sesi FP4 saat ini.

Selanjutnya sesi kualifikasi tidak berubah. Hasil kualifikasi menentukan grid untuk Sprint Race dan balapan utama hari minggu. Setelah kualifikasi, sekitar pukul 15.00 waktu setempat hari Sabtu, akan digelar Sprint Race. Sembilan pebalap tercepat akan mendapatkan poin tambahan. Posisi pertama dapat poin 12, kedua 9 poin, ketiga 7 poin, keempat 6 poin, kelima 5 poin, keenam 4 poin, ketujuh 3 poin, kedelapan 2 poin dan kesembilan 1 poin. Itu merupakan setengah poin dari balapan utama hari Minggu.

Simak Video “Siapin Tabungan! Ini Bocoran Jadwal MotoGP Mandalika 2023
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.