Pensiun Sebagai Legenda MotoGP, Rossi Kecil Nyaris Jadi Pebalap Mobil

Jakarta

Takdir sudah menulis nama Valentino Rossi sebagai salah satu rider MotoGP terbaik sepanjang sejarah. Padahal nasib bisa saja membawa dia ke dunia balap mobil.

Rossi telah mengumumkan keputusan pensiun dari MotoGP pada akhir musim ini dalam sesi konferensi pers, Kamis (5/8/2021). Pebalap 42 tahun ini mengakhiri perjalanan karirnya selama 26 tahun di ajang balap motor.

Selama berkarier di balapan Grand Prix, Rossi sudah meraih titel juara dunia sebanyak sembilan kali. Rinciannya, The Doctor sekali juara di kelas 125 cc dan 250 cc, lalu tujuh kali diraihnya saat terjun di kelas bergengsi 500 cc dan MotoGP.

Sebenarnya, Rossi memulai karier dengan terjun ke balapan gokart. Hal ini merupakan pilihan dari sang Ayah, Graziano Rossi. Menurut ayah Rossi, balapan mobil jauh lebih aman. Tapi saat Rossi beralih ke kompetisi balap mini bike, ternyata potensinya lebih menonjol sebagai seorang pebalap motor.

“Saya selalu suka balap mobil, karena saat masih kecil saya memulai dengan mengikuti balapan gokart. Graziano (Ayah Rossi) takut jika saya mengikuti balap motor karena rentan mengalami cedera,” kata Rossi dikutip Motor Sport Magazine.

“Dan dia pikir balap mobil lebih aman, jadi saya memulainya dengan kompetisi gokart. Setelah 2-3 tahun terjun di balap gokart, saya mencoba mini bike. Setelah itu saya terjun ke kompetisi balap motor. Beruntung, jika saya tetap mengikuti balap mobil, saya tidak yakin bisa mencapai hasil bagus seperti yang diraih saat balapan motor. Jadi, ini adalah pilihan yang bagus,” jelasnya.

Terbukti, pria asal Italia tersebut ternyata tidak salah pilihan mengikuti kompetisi balap motor. Dia berhasil meraih prestasi gemilang selama 26 tahun berkarir di MotoGP.

Rossi tak membantah bahwa usai pensiun dia tertarik untuk berkompetisi di ajang balap mobil. Meski begitu, dirinya juga belum menentukan akan terjun ke kompetisi balap mobil yang sesuai dengannya.

“Saya sudah mengatakan sebelumnya bahwa saya suka balapan dengan mobil, hanya berbeda sedikit dari ketertarikan dengan sepeda motor,” ujar Rossi saat sesi konferensi pers jelang MotoGP Styria, Kamis (5/6/2021).

“Saya pikir saya akan terjun ke balapan mobil mulai tahun depan. Tapi sekarang, itu semua masih dalam tahap proses… saya belum memutuskan,” sambungnya.

Sebelumnya Rossi sempat beberapa kali membalap di ajang balap roda empat saat masih berstatus sebagai pebalap MotoGP. Ia pernah mengikuti Kejuaraan Dunia Reli (WRC), melakukan test drive mobil Formula 1 (F1) milik Ferrari, serta membalap di ajang Le Mans 24 hours.

Simak Video “Kelakar Komeng soal Ajak Valentino Rossi Ambil Uang Pensiun Bareng
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.