Pentingnya Membersihkan Bagian Mesin Mobil

Sahabat Oto… Mobil bukan hanya dijaga kebersihan ekteriornya saja namun juga kebersihan bagian-bagian lainnya termasuk kebersihan bagian mesin. Kebersihan ruang mesin mobil harus terus dijaga karena mampu menunjang performa sepanjang perjalanan. 

Selain untuk menjaga performa, mencuci mesin mobil juga dapat memperpanjang usia pakainya karena bisa mencegah terjadinya karat akibat kotoran yang menumpuk serta mencegah bersarangnya binatang pengerat di area mesin.

Namun karena banyaknya komponen mekanik dan kelistrikan di dalam ruang mesin mobil, Sahabat Oto perlu berhati-hati dalam membersihkan bagian mesin ini.

Berikut ini Dr.Oto berbagi beberapa tips untuk membersihkan bagian mesin agar kondisinya tetap bersih namun aman.

Kondisi Mesin Hangat

Untuk langkah awal, Sahabat Oto dapat menjaga kondisi mesin tetap hangat. Untuk menghasilkan suhu paling tepat, diamkan mobil selama 5 hingga 10 menit setelah digunakan. Mesin yang hangat bisa membuat air bilasan lebih cepat sehingga tidak ada air yang terperangkap di sela-sela mesin.

Lindungi Komponen Kelistrikan dan Sensor Elektronik

Mesin mobil yang dalam keadaan mati tetap perlu dilindungi ketika proses pencucian. Khususnya komponen kelistrikan dan sensor elektronik. Untuk mobil keluaran baru, sebenarnya sudah ada perlindungan khusus untuk komponen anti air. Namun jika merasa kurang yakin, Sahabat Oto dapat melapisi setiap komponen tersebut dengan plastik atau aluminium foil.

Siapkan Peralatan Yang Diperlukan

Peralatan yang wajib digunakan untuk membersihkan bagian mesin adalah selang untuk cuci mobil, ember, sikat, lap kain biasa, lap microfiber, cairan pembersih mesin mobil/engine degreaser, serta sabun cuci mobil. 

Persiapkan dan dekatkan seluruh alat itu agar proses detailing lebih mudah dan cepat. Jika tersedia, Sahabat Oto dapat menggunakan cairan pembersih khusus mesin mobil karena formulanya sangat cocok untuk komponen dalam dapur pacu. 

Bersihkan Noda

Sahabat Oto bisa mulai proses pembersihan dengan melihat noda-noda membandel di bagian permukaan mesin dan bawah kap. Bersihkan sisa oli, kerak, dan debu yang menempel di sana. Kotoran yang sulit luntur dapat dibersihkan dengan engine degreaser. Jika sudah dibersihkan, diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air bertekanan rendah. 

Bilas dan Keringkan

Selanjutnya Sahabat Oto dapat membilas dan mengeringkan seluruh bagian yang sudah dicuci. Gunakan lap kain bersih agar mengeringkan sisa air pada mesin. Jika masih ada sisa air yang tertinggal, maka dapat menimbulkan noda kerak dan water spot yang susah untuk dibersihkan. Lepaskan juga plastik atau aluminium foil yang digunakan untuk melindungi beberapa komponen kelistrikan dan sensor elektronik.

Panaskan Mesin

Biarkan kap mesin mobil tetap terbuka agar memberikan udara segar pada dapur pacu. Setelah itu, panaskan mobil agar dapat mengeringkan sisa partikel air yang masih mengendap pada bagian sulit dijangkau. Memanaskan mesin mobil juga berguna untuk memastikan komponen mesin bekerja optimal seperti biasa setelah dilakukan proses pembersihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.