Penyebab Air Radiator Keruh dan Berubah Menjadi Coklat

Sahabat Oto… Radiator adalah salah satu komponen penting sistem pendinginan di dalam kendaraan yang berfungsi untuk mendinginkan kinerja mesin mobil.

Beberapa masalah pada sistem pendingin sering kita jumpai salah satunya adalah air radiator mobil yang berwarna kecoklatan. Hal ini mungkin bisa Sahabat Oto lihat ketika hendak menguras air pada tabung reservoir yang selalu berwarna kecoklatan seperti ada kandungan karat dari besi.

Penyebab air radiator berwarna kecoklatan, kemungkinan bisa disebabkan dari beberapa komponen sistem pendingin yang sudah berkarat. Air yang berada di radiator tersebut bersirkulasi dalam engine melalui mantel air. Nah apabila radiator, blok mesin atau komponen lainya berkarat maka bisa menyebabkan air berubah berwarna kecoklatan.

Nah, lalu bagaimana solusi mengatasinya jika hal tersebut sudah terjadi.

Solusi mengatasi air radiator yang berwarna kecoklatan bisa dengan menguras radiator mobil secara teratur. Bersihkan komponen sistem pendingin dengan menggunakan radiator flush.  Namun selain itu, radiator juga harus dijaga agar tidak kembali berkarat. Untuk mengatasi terjadinya karat, Sahabat Oto harus selalu menggunakan cairan khusus radiator yang memiliki formula untuk mencegah timbulnya karat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.