Penyebab Mesin Mobil Mengalami Overheat

Sahabat Oto… Mesin bisa mengalami kerusakan jika panas yang ditimbulkan tidak dikendalikan. Kelebihan panas yang terjadi pada mesin dinamakan dengan istilah Overheat.

Overheat adalah kondisi dimana suhu mesin melebihi batas maksimal yang diijinkan, akibat dari overheat ini salah satunya bisa ditandai dengan mendidihnya air radiator mendidih tentunya bisa diketahui dari indikator suhu mesin yang terdapat di panel depan setir. 

Terdapat beberapa penyebab dari mesin overheat. diantaranya:

Tutup radiator

Kondisi tutup radiator yang sudah lemah atau karetnya telah sobek/keras bisa menyebabkan fungsinya menjadi tidak maksimal. Kalau tutup radiator tidak bisa bekerja dengan maksimal, maka bisa membuat air radiator cepat habis. Inilah yang membuat mesin overheat hingga air radiator sampai tersembur keluar dan mendidih.

Kipas radiator

Kipas radiator yang tidak berputar karena macet atau rusak membuat proses pendinginan radiator tidak maksimal. Pada akhirnya mesin menjadi overheat.

Waterpump

Kipas waterpump yang rusak tidak bisa memompa air radiator. Sirkulasi air pendingin menjadi tidak lancar sehingga mengakibatkan mesin overheat.

Radiator kotor/buntu

Radiator yang usianya sudah tua dan tidak pernah dipakaikan coolant pasti akan kotor serta berkarat. Kotoran tersebut membuat sirip pendingin saluran air radiator menjadi buntu. Sirkulasi air pun tersumbat yang membuat proses pendinginan tidak maksimal juga.

Thermostat macet

Thermostat berfungsi untuk mengatur kapan air radiator yang panas akan berpindah, Thermostat yang macet akan membuat aliran air radiator ke mesin menjadi tersumbat. Terhambatnya air yang masuk ke dalam mesin membuat proses pendinginan tidak berjalan dan suhu mesin menjadi naik perlahan-lahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.