Penyebab Mesin Mobil Tidak Bisa Langsam

Sahabat Oto… Untuk menjaga mesin mobil tidak mati, mobil harus berada dalam kondisi langsam. Langsam sendiri adalah istilah ini memiliki maksud kondisi putaran mesin yang ada di situasi stabil dan ideal tanpa harus menekan pedal gas sehingga lebih nyaman digunakan. Biasanya, mobil akan berada dalam kondisi langsam apabila RPM mesin berada di angka 750-850 RPM.

Ada beberapa penyebab mesin mobil tidak bisa langsam yang tentu saja akan membuat kegiatan berkendara akan menjadi tidak nyaman. 

Rasio Bahan Bakar Kurang Tepat

Bahan bakar tidak bekerja sendiri untuk dapat memberikan tenaga bagi mobil. Perlu pencampuran antara bahan bakar dan udara dengan rasio yang pas agar mobil berfungsi maksimal. Namun bagaimana jika pengaturan pencampuran kurang tepat? Maka mesin mobil tidak bisa langsam. 

Kondisi seperti ini sangatlah membahayakan. Ya, konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros sehingga memungkinkan mesin mati ketika dalam perjalanan. 

Untuk bisa membereskan masalah ini, Sahabat Oto perlu melakukan uji emisi gas buang. Jika kadar HC dan CO terlalu tinggi, bahan bakar yang masuk ke ruang bakar terlalu besar dibandingkan kebutuhan mesin standar.

Karburator Kotor

Untuk mesin yang masih menggunakan karburator , di dalam karburator terdapat saluran bahan bakar dengan ukuran sangat kecil. Jika kotoran dari bahan bakar terbawa hingga ke sana, maka saluran menjadi tidak lancar. Di sinilah masalah putaran mesin tidak stabil dan tenaga berkurang dapat muncul.

Masalah ini sebenarnya dapat Anda selesaikan sendiri. Namun jika Sahabat Oto kurang mengerti bagaimana karburator bekerja, sebaiknya bawa mobil ke bengkel terpercaya dengan dukungan teknisi andal dan berpengalaman agar hasil kerja lebih maksimal. 

Kerusakan Mekanisme Mesin

Penyebab lainnya dari masalah mesin mobil tidak bisa langsam adalah kerusakan mekanisme dapur pacu. Pada dasarnya, ada empat siklus mesin ketika bekerja, yakni isap, kompresi, usaha, dan buang. Kalau salah satu siklus bermasalah, maka kinerja mesin mobil tak akan efektif sehingga tidak bisa langsam.

Kerusakan mekanisme mesin dapat menimbulkan beberapa masalah. Termasuk kegagalan kompresi salah satu silinder sehingga tenaga pembakaran turun. Akhirnya, putaran mesin tidak bisa stabil. Kegagalan kompresi biasanya disebabkan oleh keausan dinding silinder, liner silinder, ring piston, dan klep mesin bocor. 

Kegagalan kompresi juga mampu menyebabkan mobil susah hidup pada pagi hari/kondisi dingin, oli sering habis, serta tenaga mesin berkurang. Kalau ada ciri-ciri seperti ini, sebaiknya segera lakukan perbaikan mesin. Jika dibiarkan, maka mobil dapat mengalami turun mesin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.